IBX587AF956D34F7

Trend Fashion yang Selalu Berubah dan Memunculkan Pembaruan

Fashion dari tahun ke tahunnya selalu mengalami perkembangan. Perkembangan itu terlihat dari perubahan tren mode pakaian setiap tahunnya menurut pandangan desiner. Fashion Indonesia memang masih berpengaruh dengan beberapa fashion Negara – Negara eropa. Hal itu terlihat dari beberapa model pakaian yang mengikuti trend Negara – Negara eropa tapi tetap ada unsur indonesianya. Perkembangan fashion yang mengalami perkembangan bukan hanya pada fashion wanita tetapi juga fashion pria.

Fashion yang berkembang pada tiap tahunnya selalu ada pembaruan trend sehingga tentunya hal itu membuat menjadi angin segar bagi para pecinta fashion. Semakin berkembangnya fashion di Indonesia ditandai sudah banyak desiner local mengangkat kearifan lokal untuk salah satu tema ternd fashion beberapa tahun belakangan ini. Begitu banyak kekayaan budaya Indonesia yang menjadi harta berharga yang dapat dimafaatkan untuk perkembangan dunia fashion di Indonesia sendiri. Salah satu dari beberapa kekayaan Indonesia yaitu batik.

Trend Fashion yang Selalu Berubah dan Memunculkan Pembaruan

Trend Fashion batik

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Pembuatan batik itu sendiri memiliki proses yang tidaklah mudah seperti kain-kain biasanya. Pembuatan sebuah kain batik juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, satu kain batik dapat dibuat selama beberapa hari hingga minggu tergantung kesulitan dari motif batik itu sendiri. Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau dan berpuluh-puluh adat dan budaya yang berbeda membuat keragaman batiknya juga tinggi. Setiap daerah memiliki motif ciri khas yang memiliki makna tersendiri untuk daerahnya.

Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun-menurun. Beberapa motif batik pada jaman dahulu dapat menunjukkan status social seseorang. Oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi dari Indonesia. Sehingga pada jaman sekarang dikenal hari batik yang jatuh pada hari jumat dimana dihimpun kepada masyarakat untuk menggunakan batik pada hari tersebut.

Pada jaman sekarang batik tidak hanya digunakan sebagai kain rok bagi perempuan saja namun juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat pakaian. Pakaian yang dibuat dari kain batik juga berbagai macam bentuk seperti long dress, kemeja, outer, kaos, dan juga pakaian muslim. Pakaian muslim yang dapat dibuat dengan bahan utama kain batik yaitu gamis.

Gamis batik saat ini juga banyak digemari oleh para wanita dewasa dan remaja sebagai salah satu pilihan busana yang bisa digunakan untuk pergi ke acara-acara formal ataupun informal. Selain itu gamis batik yang diperjual belikan juga tersedia dengan berbagai motif dan warna yang cantik elegan. Bagi para wanita yang memang menyukai kain bermotifkan batik hal ini tentu menjadi suatu kabar yang menggembirakan karena mereka dapat menggunakan baju muslimah yang modis dengan balutan otif bati ciri khas Indonesia. Selain model gamis pakaian musliman dengan berbahanan utama kain batik juga tersedia banyak yang lebih kekinian. Namun memang untuk para wanita dewas atau ibu-ibu memang lebih menyukai pakaian yang berbentuk gamis. Hal tersebut karena bentuk pakaian gamis yang ketika dipakai tidak akan membentuk lekukan tubuh atau terlalu pas dikarenakan bentuk pakaiannya yang memang lebar dari bagian dada ke bawah. Bagaimana dengan anda apakah anda termasuk kedalam yang menyukai model baju muslimah gamis batik atau yang lebih modern dan kekinian tetapi bahan utamanya tetap batik. Apapun pilihan anda semua model pakaian sangatlah cantik apalagi yang bermotif baik. Karena dengan batik anda bisa tetap berpenampilan cantik sambil melestarikan warisan nenek moyang yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Advertisements