in

7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Masalah kulit wajah berminyak sangat mengganggu

Kulit wajah berminyak merupakan poblematika yang seringkali dihadapi oleh semua orang, apalagi wanita.

Kulit berminyak merupakan kulit dengan kelenjar lemak yang memproduksi minyak secara berlebih. Ciri-ciri dari kulit berminyak adalah wajah mengkilap, make up mudah luntur dan masalah lain yaitu mudah timbul jerawat karena kotoran gampang menempel.

7 Tips Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Tentunya, masalah kulit wajah berminyak sangat mengganggu. Setiap permasalahan pada kulit wajah rata-rata disebabkan karena kulit wajah yang terlalu berminyak.

Selain mudah timbul jerawat, kulit berminyak juga rentan terhadap munculnya komedo. Sebelum membahas tips mengatasi Kulit Wajah Berminyak, ada baiknya kita mengulas apa saja faktor yang mengakibatkan kulit berminyak.

Kulit Berminyak disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, karena siklus menstruasi. Saat menstruasi, wanita akan lebih banyak memproduksi hormon sehingga akan memproduksi banyak kelenjar minyak. Itu sebabnya ketika menjelang masa haid maupun sesudah haid, jerawat akan banyak bermunculan.

Faktor kedua karena stress. Ketika stress, kulit juga akan memproduksi banyak kelenjar minyak. Ini terjadi karena, saat pikiran stress, psikis akan mudah waspada dan gelisah, sehingga kulit akan lebih banyak memproduksi kortisol.

Faktor ketiga karena cuaca. Cuaca yang panas dan lembap akan memicu kulit untuk memproduksi banyak kelenjar minyak, itu sebabnya kulit memerlukan pondasi yang dapat menyerap minyak secara baik.

Faktor keempat, karena kesalahan memilih kosmetik. Kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga dapat menimbulkan wajah yang berminyak. Itu sebabnya, memilih kosmetik sesuai dengan karakter kulit sangatlah penting. Selain 4 faktor yang telah disebutkan, adapula faktor lain seperti gen, perubahan musim, atau karena efek samping obat.

Nah, setelah mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kulit wajah berminyak, mari kita simak 7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Berminyak, berikut ulasannya:

1. Rajin membersihkan kulit wajah

Membersihkan wajah merupakan poin yang perlu diperhatikan, karena kulit berminyak sangat mudah kotor dan akan lebih mudah mengakibatkan penyumbatan pada kulit sehingga memicu timbulnya jerawat.

Bersihkan wajah setiap hari setelah melakukan aktivitas. Menggunakan cleansing foam lebih disarankan daripada menggunakan toner maupun milk.

2. Menggunakan uap air hangat

Uap air hangat dapat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah pada kulit wajah. Membersihkan wajah dengan uap air hangat juga bisa sebagai terapi efektif untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak.

3. Rajin berolahraga

Kulit berminyak juga disebabkan karena banyaknya timbunan lemak. Itu sebabnya berolahraga untuk mengeluarkan lemak sangatlah penting.

4. Menggunakan peeling dan facial secara rutin

Gunakan masker alami untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan gunakan masker setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Masker alami yang dapat anda gunakan seperti jeruk nipis, anggur, nanas, apel, mentimun, semangka, dan madu.

5. Membersihkan wajah dengan daun seledri

Daun seledri dapat digunakan juga untuk mengatasi masalah kulit wajah berminyak.

Caranya cukup mudah, potong seledri kecil-kecil, lalu masukkan pada air mendidih hingga air tinggal separuh dari air semula, setelah dingin gunakan air daun seledri tersebut untuk mencuci wajah. Tunggu sampai terasa mengering lalu bilas dengan air dingin.

6. Hindari stress

Kulit berminyak juga disebabkan karena terlalu banyak beban pikiran. Itu sebabnya, hindari stress semaksimal mungkin dengan cara melakukan kegiatan positif yang dapat merilekskan pikiran.

7. Mulailah makan makanan yang sehat

Nah untuk yang ketuju ini sangatlah penting. Memang terlihat sangat sepele, namun di era sekarang ini banyak yang kesulitan untuk mengontrol makan makanan yang sehat lho.

Cobalah untuk sedikit demi sedikit mengganti camilan gorengan ataupun fast food ke buah segar. Selain bisa mengatasi kulit wajah berminyak, mengkonsumsi buah tentu akan lebih menyehatkan.

Nah itu dia 7 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Berminyak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Written by Miss Trend

Menyajikan informasi menarik seputar wanita.

tips merawat kuku agar terlihat berkilau

4 Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Berkilau