in

6 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Berlebihan Sebelum Hubungan Kalian Semakin Memburuk

Ketika rasa cemburu yang mulai tidak wajar

Kita harus menyadari kalau cemburu adalah hal yang sangat wajar dan tidak selalu berarti buruk. Sudah menjadi sifat manusia untuk merasa cemburu dari waktu ke waktu, tetapi kecemburuan menjadi masalah ketika berlebihan dan tidak pada tempatnya.

Cemburu menjadi masalah ketika membuat kamu dan pasangan justru saling tidak nyaman. Mulai menimbulkan pertengkaran dan bisa jadi lebih buruk. Kamu mulai cemas dan merasa tidak percaya. Pasanganmu mulai merasa kamu berlebihan dan terlalu mengekang.

Sepertinya, rasa cemburu ini harus segera diatasi supaya tidak menimbulkan perpecahan. Kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan rasa cemburu berlebihan.

Rasa Cemburu Berlebihan, photo : undersrandingrelationships.com
Rasa Cemburu Berlebihan, photo : undersrandingrelationships.com

Rasa tidak aman sering kali mendasari kecemburuan. Merasa terancam, atau kurang dari atau tidak cukup baik. Rasa khawatir tentang adanya orang lain. Seseorang yang lebih cantik sedang dekat dengan pacarmu. Membuatmu sangat cemburu dan khawatir.

Berikut ini cara menghilangkan rasa cemburu berlebihan. Rasa cemburu yang mulai tidak wajar.

1. Jujurlah apakah hubungan kalian sehat atau tidak

Apa hubungannya dengan menghilangkan rasa cemburu berlebihan? Ada, karena rasa cemburu bisa berasal dari rasa tidak aman. Terutama jika ada masalah dalam hubungan kalian, kamu jadi lebih mudah terancam.

Cara terbaik untuk menghilangkan rasa cemburu berlebihan adalah dengan melihat hubungan kalian terlebih dahulu. Pertimbangkan apakah kamu dan pasangan membangun hubungan berdasarkan kepercayaan, saling menghargai, dan saling menerima. Selain cinta tentunya.

Kalau kalian ada masalah dan saling tidak jujur, akan susah mengatasi rasa cemburu.

2. Tentukan apakah kamu merasa tidak aman dalam hubungan

Jika hubungan kalian baik, kuat dan dia adalah orang yang bisa dipercaya. Tapi kamu selalu cemburu berlebihan, bisa jadi penyebabnya adalah rasa tidak amanmu sendiri.

Untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan mendiri. Punya rasa aman terhadap diri sendiri coba tanyakan beberapa pertanyaan berikut:

Apakah kamu punya perasaan kosong atau kurang harga diri?

Apakah hubungan kalian penuh kasih sayang tapi juga sering bermasalah?

Apakah kamu punya trauma masal lalu soal hubungan?

Apakah kamu merasa takut sendirian?

Jika masalahnya da padamu, cobalah melakukan terapi atau konseling. Kamu juga bisa membuat daftar hal-hal yang membuatmu merasa tidak aman. Lalu mulai fokus mengatasinya daripada hanya fokus pada perasaan cemburu.

3. Dukungan

Bicaralah pada teman atau orang terdekat soal perasaan cemburu. Berbicara bisa membuatmu merasa lebih lega dan tenang.

4. Terbuka

Bicarakan juga pada pasangan kalau kamu merasa cemburu. Diskusikan berdua apa yang terbaik untuk mengatasi rasa cemburu berlebihan. Kalau kamu pendam sendiri nanti justru menjadi masalah yang semakin besar dan tidak bisa dikendalikan.

5. Jadikan kekuatan

Cara menghilangkan rasa cemburu berlebihan yang ampuh agar tidak jadi negatif adalah memanfaatkannya. Menjadikan rasa cemburu itu sebagai semangat untuk menjadi lebih baik, meningkatkan diri dan lebih perhatian pada pacar atau pasangan.

Tingkatkan skill dan keterampilan, belajar hal yang baru untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sering rasa cemburu datang dari rasa percaya diri yang rendah.

Kalau kamu merasa kurang cantik, lakukan perawatan rutin dan rajin olahraga. Lakukan hal-hal positif untuk mengembangkan diri.

6. Lepaskan

Jika langkah di atas sudah kamu lakukan dan masih ada rasa cemburu. Maka lepaskanlah…

Lepaskan perasaan itu dengan menyadari keberadaannya dan menyadari kalau tetap kamu pertahankan tidak ada baiknya. Justru bisa membuat masalah.

Jangan hanya membiarkannya begitu saja dan lama-lama tenggelam dalam kecemburuan.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemburu yang berlebihan. Sebelum keadaan kamu atau hubungan kalian jadi memburuk. Selamat mencoba!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 1

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Written by Kazebara

Hidup Seperti Semilir Angin, Menyejukkan Meski Hanya Sesaat.

Zodiak Terkenal Galak

6 Zodiak Terkenal Galak, Bisa Makan Hati Kalau Mengusik Mereka Mulutnya Pedes Banget!

7 Tips Move On Yang Ampuh

7 Tips Move On Yang Ampuh, Walaupun Memang Tidak Mudah