in

Inilah 4 Bahaya Yang Mengintai Menggunakan Make Up Pada Anak Usia Dini

Yuk perhatikan sekali lagi!

Make up kini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi semua wanita. Bahkan penggunaan make-up kini tidak hanya untuk digunakan pada acara besar saja, tetapi make-up juga digunkan untuk keseharian.

Namun, penggunaan make-up yang salah akan membuat iritasi bahkan sensiti, seperti penggunaan make-up pada anak usia dini misalnya.

Make Up Pada Anak Usia Dini
Bahaya yang mengintai menggunakan Make Up pada anak usia dini, image by : mommyasia.id

Menggunakan make up pada anak usia dini sangat tidak direkomendasikan karena kulit anak masih tipis dan akan menyebabkan kulit menjadi sensitif bahkan iritasi. Berikut kita rangkum 4 bahaya menggunakan make up pada anak usia dini!

1. Iritasi kulit

Pada usia yang masih belia, kulit anak menjadi lebih tipis dari kulit orang dewasa. Kulit yang tipis ini menyebabkan bahan kimia dari make up dapat dengan mudahnya menyerap ke dasar kulit hingga rentan sekali terhadap iritasi.

Kulit yang iritasi akan ditandai dengan perih, memerah dan kering. Pada kasus yang lebih parah, penggunaan make up bisa membuat wajah menjadi berjerawat.

2. Penuaan dini

Menggunakan make up pada anak usia dini bisa menyumbat pori-pori kulit. Kulit akan susah bernapas dan kesusahan memproduksi sel kulit baru.

Sedangkan sel kulit mati yang harusnya terangkat, justru tertinggal dan menumpuk. Ini akan menimbulkan kerutan halus yang merupakan tanda penuaan dini.

Selain itu, penggunaan make-up bisa berpengaruh pada hormon dalam tubuh yang bisa mempercepat penuaan dari dalam.

3. Kulit wajah menjadi kasar

Kuit wajah sudah memiliki mekanisme hidrasi dan kelembabannya sendiri. Dengan menggunakan make-up, kelembaban kulit akan terganngu dan membuat kulit menjadi sensitif.

Kulit yang sensitif akan berubah menjadi kasar dan lebih tebal. Sehingga kulit akan susah menyerap nutrisi dan mengurangi nutrisi penting dari kesehatan wajah.

4. Kanker kulit

Meskipun tidak menjadi penyebab utama, penggunaan make up pada usia dini bisa meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang terkandung di dalam make up dapat menyerap ke dalam kulit.

Mengingat kulit anak lebih tipis dari orang dewasa, kadar make up yang diserap lebih banyak jika dibandingkan orang dewasa.

Make-up yang menyerap ke dalam kulit memiliki resiko untuk berinteraksi dengan hormon yang menyebabkan ketidaksuburan bahkan mutasi gen.

Nah itu tadi beberapa dampak bahaya yang bisa saja mengintai anak jika menggunakan make up pada anak usia dini.

Dampak negatif akan selalu menjadi resiko yang bisa saja terjadi dan tidak. Namun, sebagai orang tua yang memiliki anak perempuan, wajah dan kesehatan tentunya menjadi hal yang harus dijaga untuk masa depannya. Semoga bermanfaat ya!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Dampak Negatif untuk Kesehatan Jika Menggunakan Kosmetik untuk Anak Usia Dini, image by : genpi.co

Dampak Negatif Menggunakan Kosmetik Pada Anak Usia Dini

Inilah 4 Gaya Make Up Untuk Baju Warna Merah!