in

Waktu yang Tepat Untuk Mengenalkan Make Up pada Anak

Yuk perhatikan!

Tak bisa dihindari, di masa serba digital saat ini, anak-anak semakin mudah untuk mengakses berbagai informasi termasuk yang sebenarnya belum layak untuk mereka dapatkan.

Sebagai contoh, akses informasi mengenai make-up yang semakin mudah, mengakibatkan anak sudah mengenal bahkan menggunakan make up.

Ilustrasi anak menggunakan Make Up
Ilustrasi anak menggunakan Make Up

Hal ini bukanlah hal yang semestinya. Mengingat penggunaan make-up sebenarnya ditujukan untuk mereka yang berusia di atas 17 tahun.

Selain itu, hal ini juga akan berpengaruh pada masalah psikis dan kesehatan yang bisa dirasakan anak. Lalu, kapan kah waktu yang seharusnya seorang anak perempuan untuk mengenal make-up?

Dilansir dari She Knows, pengawasan orang tua menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai anak menjadi terlalu kepo dengan make-up hingga mencobanya sendiri tanpa sepengetahuan ibu.

Para pakar juga menjelaskan, usia yang paling tepat bagi anak untuk mengenal make-up adalah ketika mereka sudah memasuki masa sekolah menengah atas atau lebih tepatnya pada usia 16 tahun ke atas.Ini akan menjaga kesehatan kulit anak agar tidak mudah mengalami penuaan dini di kemudian hari. Tak bisa dipungkiri, make-up pada umumnya memiliki bahan yang dapat memberikan efek samping.

Kesalahan penggunaan produk kosmetik juga tentunya akan menimbulkan dampak langsung seperti breakout atau bahkan reaksi alergi.

Sementara itu, beberapa pakar lain juga berpendapat bahwa sekedar lip gloss tidak akan begitu mengganggu kesehatan kulit wajah anak, dan penggunaannya bisa dilakukan pada usia 10 tahun ke atas.

Warna lip gloss yang bening dan kandungan lip gloss yang melembabkan dan menutrisi kulit bibir bisa menjadi alasan penggunaannya bisa dilakukan sejak usia 10 tahun.

Bagaimana jika anak sudah menggunakannya diam-diam?

Perlu diketahui terlebih dahulu sumber informasi yang didapatkan oleh anak. Jika informasi didapatkan dari Youtube, bisa memberitahu bahwa apa yang dilakukan tidak tepat secara perlahan.

Pahamkan kepada anak anda kapan waktu-waktu yang bisa digunakan untuk menggunakan kosmetik.

Ajarkan dengan perlahan dan tidak membuat anak merasa tertekan dan malah berbohong. Terlalu menekan anak hanya akan membuat anak menjadi pandai berbohong, tentu ini bukan hal yang diinginkan bukan?

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Rekomendasi Kuteks Halal

Nggak Perlu Takut Lagi, Ini 9 Rekomendasi Kuteks Halal Aman untuk Wudhu!

Dampak Negatif untuk Kesehatan Jika Menggunakan Kosmetik untuk Anak Usia Dini, image by : genpi.co

Dampak Negatif Menggunakan Kosmetik Pada Anak Usia Dini