in ,

Lagu The Beatles Terakhir yang Ditulis dan Dinyanyikan oleh John Lennon, Now And Then!

Trendwanita.com – Bersama – sama dan akhirnya terpisah, The Beatles selalu memiliki bakat yang tidak terduga.

Dan sekarang, tahun 2023 mereka menghadirkan salah satu rilis yang paling dinanti dalam sejarah panjang dan penuh peristiwa yang tak ada habisnya.

THE BEATLES 1969 - CREDIT BRUCE MCBROOM & APPLE CORPS LTD
THE BEATLES 1969 – CREDIT BRUCE MCBROOM & APPLE CORPS LTD

“Now And Then” adalah lagu Beatles terakhir – ditulis dan dinyanyikan oleh John Lennon, dikembangkan dan dikerjakan oleh Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr, dan kini akhirnya diselesaikan oleh Paul dan Ringo lebih dari empat dekade kemudian.

“Now And Then” dirilis di seluruh dunia pada pukul 14.00 GMT / 10.00 EDT / 7.00 PDT pada hari Kamis 2 November oleh Apple Corps Ltd./Capitol/UMe.

Single double A-side ini memasangkan lagu terakhir Beatles dengan lagu pertama yang menjadi single debut band ini di Inggris pada tahun 1962, “Love Me Do,”.yang merupakan pasangan full-circle yang sangat cocok untuk “Now And Then.”

Kedua lagu tersebut di-mix dalam stereo dan Dolby Atmos®, dan rilisannya menampilkan cover art asli oleh artis terkenal Ed Ruscha.

Video musik baru untuk “Now And Then” juga dirilis pada hari Jumat, 3 November 2023 secara global di seluruh dunia.

Film dokumenter “Now And Then – The Last Beatles Song” yang berdurasi 12 menit, ditulis dan disutradarai oleh Oliver Murray, sudah tayang perdana pada 1 November 2023 Penayangan perdana online global film ini akan diselenggarakan di saluran YouTube The Beatles pada pukul 19:30 GMT / 15:30 EDT / 12:30 siang PDT.

Film pendek yang mengharukan ini menceritakan kisah di balik lagu terakhir Beatles, dengan cuplikan dan komentar eksklusif dari Paul, Ringo, George, Sean Ono Lennon, dan Peter Jackson. Trailernya tersedia untuk ditonton sekarang.

Film pendek dokumenter “Now And Then – The Last Beatles Song” juga bisa disaksikan di The Beatles’ YouTube channel here.

Sedangkan untuk lagu “Now And Then”/ “Love Me Do” double A-side single bisa kalian dengarkan di sini here stereo mixes: digital; streaming; 7-inch black & colored vinyl (light blue, clear); 12-inch black vinyl limited edition Beatles Store-exclusives: cassette; 7-inch blue & white marbled vinyl Dolby Atmos mixes: digital; streaming

Pada tanggal 10 November, koleksi The Beatles 1962-1966 (‘The Red Album’) dan 1967-1970 (‘The Blue Album’) akan dirilis dalam paket Edisi 2023 oleh Apple Corps Ltd./Capitol/UMe.

Sejak inkarnasi pertama mereka muncul 50 tahun yang lalu, album-album ini telah memperkenalkan musik The Beatles dari generasi ke generasi.

Kini, daftar lagu kedua koleksi telah diperluas, dengan semua lagu dicampur dalam true stereo dan Dolby Atmos.

Koleksi vinyl 4CD dan 6LP 180 gram baru memadukan ‘Merah’ dan ‘Biru’ dalam set slipcase. Versi single Inggris dari “Love Me Do” sekarang dimulai pada tahun 1962-1966 (Edisi 2023), dan “Now And Then” ditampilkan pada tahun 1967-1970 (Edisi 2023) untuk melengkapi koleksi rentang karir.

Lagu dari album 1962-1966 and 1967-1970 (2023 Editions) bisa didengarkan di sini here stereo mixes: both collections: digital; streaming; 2CD; 180g 3LP black vinyl

both collections: limited edition Beatles Store-exclusives: 3LP colored vinyl (red for ‘Red’/blue for ‘Blue’); 4CD slipcased set; 180g 6LP black vinyl slipcased set; 6LP red + blue vinyl slipcased set Dolby Atmos mixes: digital; streaming

Kisah mengenai lagu “Now And Then” dimulai pada akhir tahun 1970-an, ketika John merekam demo dengan vokal dan piano di rumahnya di Gedung Dakota, New York.

Pada tahun 1994, istrinya, Yoko Ono Lennon, memberikan rekaman tersebut kepada Paul, George dan Ringo, bersama dengan demo John untuk “Free As A Bird” dan “Real Love”, yang keduanya diselesaikan sebagai lagu baru Beatles dan masing-masing dirilis sebagai single.

Pada tahun 1995 dan 1996, sebagai bagian dari proyek The Beatles Anthology. Pada saat yang sama, Paul, George dan Ringo juga merekam bagian-bagian baru dan menyelesaikan campuran kasar untuk “Now And Then” dengan produser Jeff Lynne.

Pada saat itu, keterbatasan teknologi membuat vokal dan piano John tidak dapat dipisahkan untuk mencapai campuran yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan lagu tersebut. “Now And Then” ditunda, dengan harapan suatu hari nanti akan ditinjau kembali.

Lompat ke tahun 2021, sekaligus juga berbarengan dengan perilisan serial dokumenter “The Beatles: Get Back”, yang disutradarai oleh Peter Jackson, yang memukau pemirsa dengan restorasi film dan audionya yang memenangkan penghargaan.

Dengan menggunakan teknologi audio MAL dari WingNut Films, tim Jackson telah melakukan de-mix soundtrack mono film tersebut, berhasil mengisolasi instrumen dan vokal, serta semua suara individu dalam percakapan The Beatles.

Pencapaian ini membuka jalan bagi campuran baru Revolver pada tahun 2022, yang bersumber langsung dari master tape empat lagu.

Hal ini menimbulkan pertanyaan: apa yang sekarang dapat dilakukan dengan demo “Now And Then”? Peter Jackson dan tim audio nya, yang dipimpin oleh Emile de la Rey, menerapkan teknik yang sama pada rekaman rumahan asli John, menjaga kejelasan dan integritas penampilan vokal aslinya dengan memisahkannya dari piano.

Pada tahun 2022, Paul dan Ringo mulai menyelesaikan lagu tersebut.

Selain vokal John, pada lagu “Now And Then” mereka menyertakan gitar listrik dan akustik yang direkam pada tahun 1995 oleh George, memasukkan bagian drum baru dari Ringo, dan bass, gitar, dan piano dari Paul, yang cocok dengan permainan asli John.

Paul menambahkan solo gitar slide yang terinspirasi oleh George; dia dan Ringo juga menyumbangkan vokal latar pada bagian refrain.

Di Los Angeles, Paul mengawasi sesi rekaman Capitol Studios untuk aransemen string lagu Beatles yang menyedihkan, yang ditulis oleh Giles Martin, Paul, dan Ben Foster.

Paul dan Giles juga menambahkan satu sentuhan terakhir yang sangat halus: vokal latar dari rekaman asli “Here, There And Everywhere”, “Eleanor Rigby” dan “Because”, dijalin ke dalam lagu baru menggunakan teknik yang disempurnakan selama pembuatan lagu tersebut.

Pertunjukan dan album LOVE. Lagu yang sudah selesai diproduksi oleh Paul dan Giles, dan kemudian di-mix oleh Spike Stent.

Paul McCartney berkata:

“Itulah suara John yang sangat jernih. Ini cukup emosional. Dan kami semua memainkannya, itu adalah rekaman asli Beatles.

Di tahun 2023 untuk tetap menggarap musik Beatles, dan akan merilis lagu baru yang belum pernah didengar publik, menurut saya itu adalah hal yang menarik.”

Ringo Starr menambahkan:

“Itu adalah saat terdekat kami untuk menerima dia kembali ke ruangan, jadi itu sangat emosional bagi kami semua. Sepertinya John ada di sana, Anda tahu. Itu jauh sekali.”

Olivia Harrison mengatakan bahwa:

“Pada tahun 1995, setelah beberapa hari di studio mengerjakan lagu tersebut, George merasa masalah teknis pada demo tersebut tidak dapat diatasi dan menyimpulkan bahwa tidak mungkin menyelesaikan lagu tersebut dengan standar yang cukup tinggi.

Jika dia ada di sini hari ini, saya dan Dhani tahu dia akan dengan sepenuh hati bergabung dengan Paul dan Ringo dalam menyelesaikan rekaman ‘Now And Then’.

Sean Ono Lennon menutup dengan berkata:

“Sungguh mengharukan mendengar mereka bekerja bersama setelah bertahun-tahun kepergian Ayah.

Itu lagu terakhir yang dibuat bersama oleh ayahku, Paul, George, dan Ringo. Ini seperti kapsul waktu dan semuanya terasa sangat dimaksudkan.”

Kegembiraan dan antisipasi terhadap “Now And Then” telah meningkat sejak bulan Juni, ketika Paul pertama kali memberikan bocoran mengenai “lagu Beatles baru” dalam sebuah wawancara media.

Akhirnya pada tanggal, 2 November 2023, lagu “Now And Then” akan dibagikan kepada dunia seperti yang sudah seharusnya diperdengarkan kepada dunia.

Bagian terakhir dari rekaman sejarah The Beatles ini akan diikuti dengan edisi baru dari dua album kompilasi yang selalu dilihat sebagai pengenalan definitif terhadap karya mereka.

Sejak debut mereka pada tahun 1973, koleksi 1962-1966 (‘The Red Album’) dan 1967-1970 (‘The Blue Album’) telah mengantarkan banyak pendengar dari segala usia, dari seluruh penjuru dunia, ke dalam fandom Beatles seumur hidup.

Sekaligus diperluas untuk rilisan Edisi 2023 mereka yang baru (keluar 10 November), koleksinya mencakup seluruh kanon rekaman The Beatles dengan total 75 lagu yang menonjol, dari single pertama mereka, “Love Me Do”, hingga single terakhir mereka, “Now And Then”.

21 lagu koleksi yang baru ditambahkan (dua belas di album ‘Red’, dan sembilan di album ‘Blue’) menampilkan lebih banyak lagi lagu-lagu terbaik The Beatles.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa lagu the Beatles pada tahun 1967-1970 dan beberapa lagu dari tahun 1962-1966 telah di mixing secara stereo dan Dolby Atmos yang baru untuk rilisan album Edisi Khusus The Beatles, termasuk Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band (2017), The Beatles (‘White Album’) (2018), Abbey Road (2019), Let It Be (2021), dan Revolver (2022), serta campuran stereo baru untuk The Beatles’ 1 (2015).

Semua lagu yang tidak juga ditampilkan dalam rilisan tersebut telah di-mixing baru dalam stereo dan/atau Dolby Atmos oleh Giles Martin dan Sam Okell di Abbey Road Studios, dibantu oleh teknologi de-mixing audio dari WingNut Films.

Kedua koleksi tersebut mencakup esai baru yang ditulis oleh jurnalis dan penulis John Harris.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata / 5. Jumlah suara:

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?