in ,

Yuk Kenalkan Anak Dengan Doa dan Adab Berbuka Puasa Berikut Ini

Menunaikan puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Bagi anak-anak, kewajiban untuk berpuasa ini dimulai saat dia sudah mencapai akil baligh atau sekitar usia remaja.

Menahan lapar dan haus selama belasan jam tentu saja tidak mudah, oleh karena itu banyak orang tua yang sudah mengajak anaknya untuk berpuasa sejak masih usia kanak-kanak.

Doa dan Adab Berbuka Puasa, Image by : Robin UTRECHT/ANP/AFP
Image by : Robin UTRECHT/ANP/AFP

Nah selain mengajarkan untuk berpuasa, orang tua juga perlu untuk mengajarkan anak terkait doa dan adab berbuka puasa lho, seperti apakah itu? Mari simak adab dan doa berbuka puasa berikut ini.

Adab Berbuka Puasa

1. Menyegerakan untuk berbuka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: “Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka” (HR Bukhari 4/173 dan Muslim 1093)

Dalam hadist Muslim tersebut disebutkan bahwa kita hendaknya membatalkan puasa segera setelah tiba waktunya untuk berbuka. Maka anak-anak juga perlu diingatkan untuk tidak menunda-nunda untuk berbuka ya!

2. Membaca Basmalah

Membaca basmalah sebelum berbuka adalah sunnah, maka akan menjadi baik apabila dilakukan. Setelah membaca basmalah, barulah kita membaca doa berbuka puasa.

3. Membaca Doa Buka Puasa

Waktu berbuka puasa adalah waktu yang penting lho, karena waktu hendak berbuka adalah waktu dimana doa akan dikabulkan. Maka, dianjurkan saat berbuka ini untuk memperbanyak doa.

“Dari Annas bin Malik Radhyiallahu’anhu dia berkata, Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ada tiga orang yang do’anya tidak tertolak: doa orang tua kepada anaknya, orang yang berpuasa ketika berbuka dan doa orang yang sedang safar (musafir)” (HR. Al-Baihaqi 3/345).

Doa Berbuka Puasa

Doa yang biasanya sering dilafalkan saat akan berbuka yaitu doa yang diriwayatkan dari hadist Bukhari dan Muslim, yang bunyinya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .

“Allahuma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu birrahmatika yaa arhamar roohimin.”

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahlah tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.

Setelah berbuka, ada juga doa yang bisa kita baca. Doa ini sesuai dengan yang diriwayatkan oleh Abu Daud, yang bunyinya sebagai berikut:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

“Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.”

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah (HR. Abu Dawud).

Itu dia doa dan adab berbuka puasa yang bsa diajarkan pada anak. Dengan mengamalkan sunnah dan doa yang disebutkan di atas, insyaallah pahala yang kita dapatkan juga semakin bertambah. Selamat berpuasa!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Kenalan Dengan 7 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Hijau

Ini Lho 7 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Hijau!

Resep Kentang Mustofa Renyah, image by IG : @natalia.goysal

Resep Kentang Mustofa Renyah Mudah Tahan Lama!