in

7 Kandungan Skincare yang Efektif untuk Atasi Kulit Kering

Perhatikan sebelum membeli Skincare

Kulit kering kini menjadi salah satu masalah yang sering dialami khususnya ketika musim hujan. Suhu dingin yang tercipta ketika hujan turun bisa membuat kulit mengalami dehidrasi sehingga kekurangan elastisitasnya.

Kulit yang kering bisa menjadi bersisik bahkan mengelupas. Sehingga, perlu pemilihan skincare dengan bahan aktif yang sesuai untuk melembabkan kulit.

Kandungan Skincare yang Efektif untuk Atasi Kulit Kering
Kandungan Skincare yang Efektif untuk Atasi Kulit Kering

Nah, berikut ini adalah beberapa kandungan skincare yang efektif untuk atasi kulit kering :

1. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid sudah tidak asing lagi didengar bukan? Banyak skincare yang mengklaim mengandung hyaluronic acid.

Klaim tentang bahan aktif satu ini tentunya adalah untuk melembabkan. Memiliki aksi sebagai humektan yang menyerap air dari udara dan mengikatnya di permukaan kulit, membuat bahan aktif ini sangat efektif untuk melembabkan kulit kamu yang kering.

Bagian paling pentingnya adalah, bahan aktif ini cocok untuk semua jenis kulit lho.

2. Polyglutamic Acid

Sebagai sesama humektan, polyglutamic acid memiliki kerja aksi yang sama dengan hyaluronic acid.

Berbeda dengan hyaluronic acid, polyglutamic acid atau biasa disingkat menjadi PGA memiliki efek mencerahkan dan menghaluskan kulit.

PGA juga bisa mencegah terjadinya transepidermal water loss (TEWL). Oleh karena itu, PGA juga efektif untuk mengatasi masalah kulit kering kamu.

3. Vitamin E

Sebagai salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh, vitamin E juga berperan penting untuk melembabkan kulit.

Hampir di setiap produk skincare yang kamu temukan akan memiliki kandungan vitamin E. Vitamin E memang sudah dikenal sejak lama sebagai pelembab yang dibutuhkan kulit. Vitamin E bisa kamu temukan dengan nama “Tocopherol” atau “Tocopheryl Acetate”.

4. Peptide

Peptide atau asam amino yang membentuk kolagen dan keratin pada tubuh. Kandungan peptide selain bisa melembabkan, bisa juga sebagai agen anti aging.

Bahan aktif ini akan membuat kulitmu menjadi lembab dan plumpy, sehingga memberikan efek anti aging. Bahan aktif ini akan meresap ke dalam kulit, kemudian tubuh akan membetuk kolagen yang dibutuhkan kulit, sehingga kulit akan menjadi lebih lembab dan sehat.

5. Ceramide

Pada dasarnya, ceramide sudah diproduksi oleh kulit secara alamiah. Namun, ia dapat hilang akibat berbagai faktor. Ceramide berfungsi untuk mempertahankan kadar air dalam kulit, sehingga skin barrier tetap terjaga.

6. Ekstrak Madu

Ekstrak madu selain bisa dikonsumsi langsung, juga bisa dijadikan masker untuk menambah kelembaban kulit yang kering.

Madu memiliki banyak kandungan seperti air, mineral dan vitamin. Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri yang baik untuk kulit acne-prone.

7. Betaine

Bahan aktif lainnya yang bisa melembabkan kulit kering adalah betaine. Betaine merupakan humektan yang memiliki aksi kerja mencegah hilangnya kelembaban kulit dan memberikan efek silky-smoothskin.

Bahan aktif yang berasal dari sugar beet ini juga bersifat antiinflamasi yang bisa membantu meredakan radang yang terjadi pada kulitmu. Selain itu, betaine juga memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini dan aman untuk kulit sensitif.

Itu dia, bahan-bahan kandungan skincare yang efektif untuk atasi kulit kering. Menjaga kesehatan kulit dilakukan tidak hanya melalui skincare. Jangan lupa untuk minum air yang cukup untuk menghidrasi kulitmu dan makan makanan yang bergizi agar kulit bisa beregenerasi dan menjadi terlihat lebih muda dan lembab. Semoga bermanfaat.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Ini Dia 5 Tips Memilih Ikat Pinggang Sesuai Bentuk Tubuh Kamu!

5 Tips Memilih Ikat Pinggang Sesuai Bentuk Tubuh Yang Wajib Kamu Tahu!

Trimming Rambut, image by : SheKnows

4 Tips Tampil Awet Muda dengan Rambut Pendek di Usia 30an