in

5 Ide Bisnis Kuliner Kekinian Dengan Modal Kecil, Yuk Bikin!

Jika kamu berkeinginan untuk mendirikan sebuah bisnis kuliner kekinian laides, tentulah harus dipikirkan masak-masak.

Cukup sulit untuk mendapatkan ide-ide bisnis yang sesuai dengan keinginan serta pangsa pasar yang dituju.

Bisnis Kuliner Kekinian, Foto oleh Tim Douglas dari Pexels
Bisnis Kuliner Kekinian, Foto oleh Tim Douglas dari Pexels

Dengan persaingan yang sangat ketat, kamu tentu saja dituntut untuk memberikan inovasi dan kreasi dalam makanan yang ingin dijual.

Diharapkan dengan ide-ide yang inovatif dan kreatif, bisnis kuliner tersebut bisa bersaing dengan bisnis kuliner yang lain.

Mengapa Bisnis Kuliner Kekinian Banyak Dilirik?

Sejak beberapa tahun terakhir, bisnis kuliner banyak sekali dilirik oleh sebagian besar pebisnis. Pun demikian juga dengan para pebisnis muda yang terus berinovasi dan berkreasi dengan kuliner-kuliner yang bisa dikatakan anti mainstream.

Hal ini bisa dilihat dari menjamurnya bisnis-bisnis kuliner yang unik dan tentu saja kekinian. Seperti yang sudah diketahui jika minuman dan makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang sangat dibutuhkan setiap harinya.

Maka sangat tidak mengherankan jika bisnis kuliner kekinian merupakan salah satu bisnis yang sangat diminati dan tentu saja menjanjikan.

Modal awal yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha kuliner juga relatif kecil. Akan tetapi hal ini tergantung dari konsep serta jenis usaha yang akan dijalankan.

Sebagai pemula, ada baiknya untuk memulai dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Salah satu alasan mengapa bisnis kuliner kekinian banyak sekali dilirik oleh kalangan pebisnis, karena bisnis ini tidaklah terlalu sulit dengan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Hal yang perlu dilakukan ialah ketrampilan mengolah minuman dan makanan yang lezat. Berikut ialah berbagai contoh inspirasi usaha kuliner kekinian yang bisa dijalankan.

1. Cemilan atau snack

Makanan ringan atau snack merupakan salah satu makanan yang sangat disukai oleh berbagai kalangan serta usia.

Jika kamu seorang pemula dalam bisnis kuliner, snack bisa menjadi salah satu usaha kuliner yang bisa dicoba kelola.

Untuk menciptakan snack yang kekinian, kamu bisa mencoba mengkombinasikan kue kering atau keripik dengan bahan yang lain misalnya coklat atau keju.

2. Minuman kekinian

Usaha minuman pun bisa menjadi peluang bisnis kuliner kekinian yang sangat menjanjikan jika dikelola dengan sangat baik.

Cobalah untuk menciptakan inovasi dalam minuman yang ingin dijual. Misalnya saja kamu ingin membuat usaha berjualan teh, kamu bisa menambahkan bahan-bahan yang tidak biasa dikombinasikan dengan teh misalnya choco chip, cokelat, matcha dan lain sebagainya.

3. Minuman tradisional

Bisa juga dengan membuat kemasan yang unik dan kekinian yang mampu meningkatkan keinginan orang untuk membeli minumanmu.

Ide lain yang bisa dicoba adalah dengan menghadirkan kembali minuman-minuman yang cenderung kuno seperti bandrek, bajigur, kunyit asam dan lain-lain namun dengan tampilan kekinian, misalnya dengan ditambahi toping beraneka rasa dan dilengkapi dengan kemasan yang sangat menarik.

Untuk menjalankan usaha minuman, pemilihan lokasi yang strategis sangat berperan penting, maka ada baiknya untuk melakukan survei lokasi sebelum memulai usaha minuman ini.

4. Gorengan

Meskipun terkesan kampungan, akan tetapi gorengan tetaplah menjadi jajanan nomer satu di berbagai usia serta berbagai kalangan.

Modal yang diperlukan juga relatif kecil dengan keuntungan yang bisa dikatakan lumayan. Supaya tidak terlihat monoton, cobalah membuat gorengan yang berbeda dari yang lainnya baik dari segi bentuk maupun rasa.

Misal, apabila ingin membuat gorengan tahu isi, sebagai isi bisa menggunakan daging, aneka jenis sambal dan lain-lain.

Hal ini akan menarik minat pembeli terutama yang menyukai aneka jenis gorengan.

Usaha bisnis kuliner kekinian ini pun bisa mendatangkan keuntungan yang besar sekaligus ikut melestarikan makanan tradisional.

5. Catering

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi, usaha catering tidak pernah kehilangan pamornya. Hal ini dikarenakan berkembangnya budaya serba instan dan ekonomi masyarakat yang bisa dikatakan lebih baik.

Usaha makanan catering sekarang ini tentu saja memiliki prospek yang lumayan bagus, dimana hampir semua orang membutuhkan catering untuk acara-acara yang akan mereka gelar.

Jika kamu berpikir modal yang diperlukan dalam usaha catering relative besar, maka ubah kembali pikiran.

Kamu bisa memulai usaha ini dengan uang yang di punya dengan alat-alat yang sudah tersedia di dapur.

Kamu dapat meminta DP yang bisa digunakan untuk pembelian bahan baku untuk menekan biaya pembelian bahan baku.

Itulah beberapa contoh peluang usaha bisnis kuliner kekinian dengan modal yang relative kecil yang mudah untuk dicoba.

Jika tertarik, perhitungkan masak-masak serta mencari inovasi dan kreasi yang tepat sesuai dengan pangsa pasar yang dituju.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Cara Menghangatkan Ayam Goreng Tepung

5 Cara Menghangatkan Ayam Goreng Tepung Agar Tetap Renyah

Cara Memulai Bisnis Kuliner Mahasiswa, Gambar oleh lens_sekai_no_hikari dari Pixabay

5 Cara Memulai Bisnis Kuliner Mahasiswa, Apa Sajakah itu?