in

Faktor Penyebab Jerawat yang Perlu Kamu Tahu, Biar Gak Balik Lagi!

Harus hati-hati

Jerawat adalah permasalahan yang sering terjadi pada kulit wajah. Selain mengganggu penampilan jerawat juga bisa menurunkan kepercayaan diri. Penyebab jerawat disebabkan oleh kelebihan produksi minyak (sebum) pada kelenjar minyak di wajah.

Kelebihan minyak ini ditambah adanya sel kulit mati bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit yang pada akhirnya memicu peradangan dan timbulnya jerawat.

Faktor Penyebab Jerawat, image by : idntimes.com
Faktor Penyebab Jerawat, image by : idntimes.com

Kemunculan jerawat ternyata tidak hanya disebabkan oleh faktor-faktor yang terjadi di dalam tubuh namun juga oleh faktor lain yang berasal dari luar tubuh.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memicu timbulnya jerawat pada kulit wajah.

1. Makanan

Makanan adalah salah satu faktor luar yang bisa menjadi penyebab jerawat. Makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak adalah yang paling mudah menimbulkan jerawat.

Coklat, keju, penganan olahan susu serta gorengan adalah jenis-jenis makanan yang bisa memicu tumbulnya jerawat. Kurangi konsumsi jenis makanan tersebut untuk mencegah timbulnya jerawat.

2. Tidak Rutin Membersihkan Wajah

Kulit wajah memiliki mekanisme untuk menjaga kelembaban dengan memproduksi minyak secara teratur.

Minyak yang diproduksi ini ketika tidak dibersihkan akan menumpuk dan menjadi tempat hidup bakteri penyebab jerawat.

Menjaga kadar minyak dengan rutin membersihkan wajah menggunakan sabun wajah akan mencegah peluang munculnya jerawat.

3. Polusi Udara

Udara yang terkena polusi mengandung berbagai unsur yang membahayakan kesehatan termasuk zat-zat yang bisa menyebabkan gangguan pada kulit wajah.

Zat yang terkandung dalam udara yang terpolusi ketika menempel pada wajah bisa menyumbat pori-pori dan apabila tidak segera dibersihkan akan memicu timbulnya jerawat.

4. Stress

Stress bisa menyebabkan ketidak seimbangan hormon yang menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Stress juga bisa menjadi penyebab jerawat akibat naiknya produksi hormon kortisol. Ketidakseimbangan hormon Kortisol menyebabkan kelenjar kulit memproduksi minyak dalam jumlah besar.

Kulit yang terlalu berminyak mudah untuk memunculkan jerawat. Stress bisa dikurangi dengan melakukan hobi, rutin berolah raga serta istirahat yang cukup.

5. Kebiasaan Menyentuh Wajah Dengan Tangan

Kita sering secara tidak sadar menyentuh wajah dengan tangan padahal tangan tersebut baru saja digunakan untuk berbagai macam kegiatan.

Banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh tangan memperbesar paparan terhadap kotoran dan kuman.

Ketika tangan bersentuhan dengan kulit wajah maka kotoran dan kuman akan menempel dan menyebabkan jerawat. Mengurangi intensitas menyentuh wajah dengan tangan saat berkegiatan mengurangi potensi timbulnya jerawat pada wajah.

6. Alergi Kosmetik

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda. Ketidakcocokan bahan yang terkandung di dalam kosmetik bisa menyebabkan permasalahan pada kulit seperti reaksi alergi ataupun jerawat.

Belilah produk kosmetik yang cocok dengan kita atau tidak mengandung bahan yang bisa menyebabkan alergi pada kulit wajah.

7. Menyentuh Wajah Dengan Ponsel Yang Kotor

Telepon seluler adalah barang yang tidak bisa lepas dari kita di jaman sekarang. Ponsel selalu dibawa dan digunakan di manapun sehingga rentan terpapar oleh berbagai macam kotoran.

Saat melakukan panggilan telepon, kotoran tersebut bisa menempel pada kulit wajah dan menyebabkan jerawat. Selalu bersihkan ponsel secara berkala untuk mencegah kotoran menempel ke wajah.

8. Salah Memilih Produk Perawatan Kulit dan Rambut

Komposisi penyusun produk perawatan kulit dan rambut bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat.

Kulit yang berminyak dan mudah berjerawat rentan pada bahan tertentu sehingga kita harus memperhatikan informasi yang ada pada label produk.

Produk yana akan kita beli itu harus bebas minyak, tidak menghambat pori-pori, non-comedogenic serta non-acnegenic.

Pemilihan produk yang tepat menjadi langkah antisipasi terhadap faktor penyebab jerawat yang disebabkan oleh bahan penyusunnya.

Itulah berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab jerawat pada wajah. Hindari faktor-faktor penyebab jerawat di atas serta selalu jaga kebersihan diri terutama kulit wajah agar terbebas dari jerawat. Juga jerawat yang sudah hilang tidak kembali lagi.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Written by Kazebara

Hidup Seperti Semilir Angin, Menyejukkan Meski Hanya Sesaat.

Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam

7 Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam Secara Alami dan Aman

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi yang Membandel, image by : www.sehatq.com

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi yang Membandel