in

37 Contoh Ucapan Belasungkawa Singkat, Untuk Teman, Guru, Keluarga Dekat, Lengkap!

Ucapan belasungkawa atau dukacita pada umumnya diucapkan kepada seseorang yang sedang mengalami musibah atau sedang berduka.

Dengan memberikan ucapan tersebut kita sudah menunjukkan kepedulian kita atas musibah yang sedang dialami oleh orang lain.

Ucapan Belasungkawa , Gambar oleh Goran Horvat dari Pixabay
Ucapan Belasungkawa, Gambar oleh Goran Horvat dari Pixabay

Dalam ucapan tersebut juga tak jarang diselipkan do’a untuk orang yang sudah pergi mendahului kita menghadap sang pencipta semoga dapat beristirahat dengan tenang dan diberikan tempat yang layak.

Selain itu ucapan dukacita atau belasungkawa bisa juga memberikan penghibur dan mengurangi kesedihan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Pada kesempatan kali ini akan kami bagikan beberapa ucapan dukacita dalam agama islam yang  baik dan benar.

Ucapan belasungkawa untuk teman

Ketika seorang teman kehilangan orang terdekatnya ada baiknya sebagai teman kita mengucapkan dukacita dengan kata-kata yang baik, meskipun tak semua orang dapat menguatkan dalam kondisi seperti itu, dan berikut beberapa contoh ucapan dukacita yang bisa digunakan.

1. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kepulanganmu begitu cepat kepada Sang Khalik. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah.”

2. “Percayalah, semua cobaan yang Allah beri adalah kulit dari sebuah hikmah kehidupan. Kita boleh bersedih atas semua cobaan tersebut. Namun, kesedian tidak bisa merubah keadaan menjadi lebih baik dan tidak akan membuat sahabat terbaikmu kembali lagi.”

3. “Ya Allah, ampunilah ia dan berilah rahmat kepadanya, selamatkan ia dari beberapa hal yang ia tidak sukai di alam sana. Maafkanlah ia dan tempatkanlah di tempat terbaik. Lapangkan kuburnya dan mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan yang ia perbuat.”

4. “Tak rela raasanya harus mengucapkan belasungkawa kepada temanku sendiri yang kini meninggalkanku selamanya. Hanya ratapan kenangan bersamamu yang kudapat dari kepergianmu. Semoga engkau selalu bahagia di sana dan semoga engkau tak meluakan semua kenangan yang pernah kita lalui bersama.”

5. “Temanku, kepulanganmu menuju sang pencipta sungguh terasa begitu cepat, kebersamaan yang telah kita lalui bersama, kini yang tinggal hanyalah kenangan. Mudah-mudahan segala amal ibadahmu diterima oleh-Nya. Aamiin.”

Ucapan belasungkawa singkat

Dalam situasi tertentu ucapan belasungkawa tak memerlukan kata-kata yang terlalu panjang, cukup dengan memeberikan kata-kata yang singkat namun bermakna.

Beberapa contohnya ada dibawah ini

1. “Aku turut berduka cita atas meninggalnya (tulis namanya), semoga kamu dan keluarga mendapatkan ketabahan atas kejadian ini.”

2. “Semua adalah rencana baik Tuhan, dan kita harus menerimanya dengan ketabahan dan hati yang lapang.”

3. “Bersabarlah, karena semua pasti ada buah yang sangat berharga di balik kejadian ini.

4. “Yang telah berlalu biarlah berlalu, yang bisa kita lakukan saat ini adalah mendoakannya agar beliau yang telah berpulang menghadap Sang Khalik tenang di alam sana.”

5. “Hanya doa yang bisa kita panjatkan sekarang, semoga semua kebaikannya diterima di sisi-Nya.”

Ucapan belasungkawa untuk guru

Setelah kepergian seorang guru maka otomatis kita tidak akan dapat merasakan kehadirannya, namun ilmu dan kebaikan yang telah diajarkannya akan terus membekas dihati dan tak kan pernah putus.

Maka tak heran jika kepergian guru tak hanya keluarga yang bersedih namun juga murid yang ditinggalkan.

Dibawah ini beberapa contoh ucapan dukacita untuk guru.

1. “Kau membagikan ilmu yang sangat berguna, yang bisa kujadikan bekal ketika dewasa kalak. Namun, sayangnya disaat ini engakau telah tiada dan kepergianmu meninggalkan luka yang mendalam bagi kita semua. Setiap tetesan air mata kami mengiringi kepergianmu, aku hanya bisa berdoa agar Tuhan membukakan jalanmu ke surga.”

2. “Tiada banyak kata-kata yang dapat kami lontarkan kepadamu selain perkataan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada engkau guruku. Terima kasih atas segala ilmu yang telah kalian salurkan kepada kami selama ini. Kini kami hanya dapat ucapkan selamat jalan dan selamat tinggal, mudah-mudahan amal kebaikanmu diterima oleh Allah SWT.”

3. “Tak ada pemberian yang paling berharga dalam hidup ini selain ilmu yang bermanfaat. Selamat jalan guruku, semoga engkau selalu tenang dan bahagia di alam sana dan semoga Allah mengampuni segala dosa-dosamu.”

4. “Engkau bagaikan lilin yang selalu menerangi jalan kami yang gelap, kami selalu berdoa untukmu, semoga seluruh usahamu selalu menjadi amalan yang berguna. Selamat tinggal guru tersayang. Semoga Allah menerima semua amal ibadahmu.”

5. “Kini, tiba saatnya kami mengucapkan terima kasih padamu, wahai guruku. Engkau telah pergi meninggalkan kami untuk selama-lamanya. Rasanya pilu dan sedih ini tak cukup untuk mengenang kepergianmu. Semoga Allah menerimamu di sisi-Nya.”

Ucapan belasungkawa dengan Bahasa jawa

Tak hanya Bahasa Indonesia saja yang bisa digunaka untuk memberikan ucapan dukacita namun Bahasa jawa juga bisa menjadi pilihan untuk mengucapkan dukacita, tapi ingat pilihlah kata-kata yang halus, beberapa contohnya ada dibawah ini.

1. “Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipun paringi sabar dening Gusti Allah. Mugi almarhum pikantuk papan ingkang sae wonten ing ngarsanipun Gusti Allah.”

Artinya: “Turut berbelasungkawa. Semoga kamu diberikan kesabaran oleh Allah. Semoga ia berada dalam tempat terbaik di samping Allah.”

Dan jika ucapan dukacita untuk seumuran kita bisa menggunaka Bahasa yang lebih santai (ngoko)

1. “Melu belasungkowo karo koe, (nama teman). Muga-muga almarhum Bapakmu diampuni dosane, ibu, koe, sak keluarga diparingi sabar lan kuat. Aku ndonga supaya koe ora suwe suwe sedih, amarga urip iki kudu terus mlaku.”

Artinya: “Saya turut berseih. Semoga beliau diampuni dosanya, ibu, kamu, dan keluarga diberikan kesabaran serta kekuatan. Aku berdoa agar kamu tidak bersedih dalam waktu lama. Sebab, hidup harus terus berjalan.”

Ucapan belasungkawa dalam Bahasa inggris

Jika kita mengunjungi orang yang berasal dari luar negeri maka sebaiknya sampaikan rasa dukacita dengan Bahasa inggris, agar mereka merasakan kepedulian kita, dibawah ini beberapa contohnya.

1. “I feel sorry about the news i heard. I wish you can be strong and understand taht your sister will not feel sick anymore. She will have a happy life besides God.”

Artinya : “Saya turut menyesal mendengar berita yang kudengar sebelumnya. Saya berharap kamu bisa lebih kuat dan memahami bahwa saudarimu tidak merasakan sakit lagi. Dia akan mendapat kehidupan yang bahagia bersama Tuhan.”

2. “I am sorry to hear about your loss.”

Artinya: “Saya turut berduka cita atas kehilangan yang menimpamu.”

3. “A good person will grant the best place in Heaven. Our deepest condolences for your loss.”

Artinya : “Orang yang baik akan berada di tempat terbaik di surga. Kami turut berduka cita atas kehilanganmu.”

4. “He has been peacefull there, in his the world we have to let him golt is enough for us to pray for him.”

Artinya : Ia telah berada di tempat yang damai, di dunia ini kita harus rela melepas kepergiannya, dan ini cukup dengan selalu mendoakannya.”

5. “It must be hard to be left, indead, but smile in your face must come back.”

Artinya : “Ini pasti sulit untuk melepasnya pergi, tetapi, senyum di wajahmu harus segela kembali.

Ucapan belasungkawa untuk keluarga atau kerabat dekat

Sebagai keluarga dan kerabat sebaiknya kita juga mengucapkan ucapan dukacita yang baik sehingga menguatkan yang sedang mengalami musibah dan kehilangan, berikut ini contohnya.

1. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan Allah berikan ketabahan. Percayalah, Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.”

2. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berhadap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani semua ini. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.”

3. “Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya.”

4. “Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian.”

5. “Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali.Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin.”

Ucapan belasungkawa dalam agama islam yang memotivasi

Dalam hal ini (suasana duka) maka tak jarang air mata yang menjadi Bahasa, namun tak ada salahnya jika kita menyampaikan dukacita dengan ditambahi sedikit motivasi untuk keluarga yang ditinggalkan.

Bagi yang bingung dibawah ini terdapat beberapa contohnya.

1. “Aku turut merasakan kesedihan yang engkau rasakan. Tapi ingatlah, bahwa semua ini adalah cobaan yang sedang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang kuat. Namun, kesedihan yang datang ini, pasti memiliki makna dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik kepadamu.”

2. “Aku baru saja mendengar kabar duka tentang (orangtua/sahabat/keluarga/pasangan)mu hari ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan penghiburan untukmu dan keluarga. Aku sungguh berduka cita sedalam-dalamnya.”

3. “Mungkin hari ini air mata tak ada hentinya, tapi besok atau suatu hari nanti, kamu akan mendapatkan obat dari Tuhan yang lebih baik. Kesedihanmu akan sirna, mantapkan hatimu, sabar, dan ikhlas, di sini aku turut berduka cita.”

4. “Ingatlah, akan ada hari yang lebih baik setelah badai, karena setelahnya akan ada pelangi.Itu yang harus kamu pegang, memang sekarang raganya sudah tidak bisa hidup, tapi jiwanya masih ada. Dan namanya pun masih terukir dalam lubuk hati. Serta kenangannya masih tersimpan baik di memori. Jangan takut rindu, putar segala memori indah ketika rasa itu datang.”

5. “Aku sungguh sedih mendengar kabar kehilanganmu. Aku akan berdoa agar kamu sekeluarga diberikan kekuatan dan ketabaha. Turut beduka cita sedalam-dalamnya, ya.”

Ucapan belasungkawa untuk tetangga

Setelah keluarga, tetangga merupakan orang terdekat kita selanjutnya, maka ketika tetangga sedang berduka taka da salahnya kita menyampaikan ucapan dukacita yang tulus sehingga dapat sedikit menguatkan mereka, dan berikut ini beberapa contohnya.

1. “Kami atas nama keluarga besar turu berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya (tulis namnya). Kami harap, kamu selalu bersabar dan tabah dalam menghadapi kepergiannya. Ingatlah selalu ayat Al-Qur’an yang berbunyi ‘Kullu nafsin dzaiqotul maut’. Semoga dengan mengingat ayat tersebut, kamu bisa merelakan kepergiannya.”

2. “Mendengar berita yang sangat sedih ini, sebagai tetangga saya merasa sangat terpukul atas meninggalnya almarhum (tulis namanya). Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan tidak mengurangi rasa kebahagiaan pada keluarga setiap harinya.”

3. “Saya turut berduka cita atas kepergian (sebutkan namanya), mudah-mudahan ia diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Mudah-mudahan engkau dan keluarga yang kini telah ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima musibah ini. innallaha ma’ashobirin, percayalah sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar dan bertaqwa.”

4. “Tetesan air mata dari hati tidak akan pernah mampu mengembalikan seseorang yang telah pergi untuk selamanya. Maka dari itu, tetap tegar dan anggaplah kepergian tersebut sebagai pengingat bahwa kita hanyalah manusia biasa yang juga akan menghadapi kematian.”

5. “Selamat jalan tetangga terbaikku, semoga Allah SWT menerima segala amal perbuatanmu dan menempatkanmu di jannah-Nya.”

Itu tadi beberapa contoh ucapan dukacita/belasungkwa yang dapat diucapkan kepada keluarrga, tetangga, teman, kerabat dan lainnya.

Meskipun itu hanya ucapan namun setidaknya dengan ucapan yang baik dapat sedikit menghibur dan menguatkan keluarga yang ditinggalkan.

Selain itu juga sebagai pengingat bahwasannya semua makhluk yang bernyawa akan mengalami hal yang serupa.

Semoga beberpa ucapan dukacita di atas tadi dapat membantu bagi kalian yang sekiranya bingung dan belum tahu bagaimana mengucapkan dukacita yang baik dan benar. Semoga bermanfaat ya!

 

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 4

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Cara Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri, Gambar oleh Nicola Giordano dari Pixabay

7 Cara Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri, Tidak Sulit Kok!

Inspirasi Baju Lamaran Dirumah

10‌ ‌Inspirasi‌ ‌Baju Lamaran Dirumah, Cantik dan Pasti Berkesan!