in

10 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Cara Alami, Mudah Dilakukan Lho!

Memiliki masalah gatal dikepala karena ketombe memang menyebalkan, sehingga banyak orang mencari-cari cara yang ampuh untuk mengatasinya.

Dampak dari ketombe dikepala cukup mengganggu berbagai aktivitas keseharian, mulai dari tidak fokus, gatal dan tak jarang timbul rasa malu.

Cara menghilangkan ketombe, Foto oleh Element5 Digital dari Pexels
Cara menghilangkan ketombe, Foto oleh Element5 Digital dari Pexels

Penyebab ketombe muncul ini beragam ya, dan tentunya setiap orang memiliki penyebab yang beda-beda daintaranya kulit kepala yang kering atau berminyak, infeksi jamur pada kulit kepala dan juga psoriasis. 

Dari beragam penyebab tersebut tentu saja muncul juga beragam cara menghilangkan ketombe, seperti memilih shampoo yang anti ketombe, dan juga menggunakan bahan yang alami, meski masih perlu dilakukan riset lebih lanjut mengenai bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan dan mengatasi ketombe, namun tak ada salahnya juga mencoba hal tersebut sebagai alternatif.

Namun alangkah lebih baik jika sebelum menggunakan bahan- bahan tersebut terlebih dahulu konsultasi ke dokter, terutama bagi kalian yang memiliki alergi kulit tertentu.

Lalu apa sajakah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe? Simak ulasaan lengkapnya dibawah ini 

1. Cara menghilangkan ketombe menggunakan minyak kelapa

Jika kulit kepalamu termasuk kulit yang kering laides,maka tak ada salahnya mencoba minyak kelapa sebagai bahan mengatasi ketombe.

Banyak manfaat dari minyak kelapa yang dipercaya bisa mengatasi ketombe diantaranya mengusir jamur penyebab infeksi dan juga mengobati kondisi eksim.

Meski keduanya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, jika berminat menggunakan minyak kelapa langkahnya cukup mudah cukup gunakan 2 sendok makan minyak kelapa lalu gosok dan pijat kulit kepala secara perlahan, setelah itu diamkan selama 1 jam sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih.

2. Cara menghilangkan ketombe menggunakan cuka apel

Bahan yang selanjutnya adalah cuka apel. Cuka apel ini memiliki beberapa manfaat diantaranya menyeimbangkan Ph kulit sehingga mengurangi oertumbuhan jamur di kulit kepala, dan juga sifat asam yang terkandung dalam cuka apel ini dapat membantu pelepasan sel kulit mati di kepala.

Jika tertarik untuk menggunakan cuk apel caranya cukup mudah cukup campurkan beberapa tetes cuka apel dengan shampoo atau minyak esensial lainnya lalu gosokkan ke kulit kepala, diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih.

3. Menghilangkan ketombe menggunakan soda kue

Bahan yang satu ini mungkin terdengar asing ya, mengingat biasanya bahan ini digunakan untuk membuat makanan, namun siapa sangka jika soda kue memiliki manfaat lain yaitu mengangkat minyak dan membersihkan sel kulit mati di kepala, selain itu soda kue juga memiliki zat anti jamur yang dapat melawan jamur penyebab ketombe.

Tertarik menggukana bahan ini? Cara yang harus dilakukan adalah basahi rambut kemudian balurkan merata 2-3 sendok makan soda kue ke kepala, diamkan 2 menit baru kemudian dibilas.

Sebagai catatan jika ingin menggunakan soda kue sebaiknya jangan terlalu sering, maksimal 2x seminggu mengingat soda kue memiliki kadar Ph yang tinggi sehingga dikhawatirkan dapat menghilangkan minyak alami pada kulit kepala.

4. Menghilangkan ketombe menggunakan garam

Cara yang satu ini bisa dibilang cara yang sudah banyak dilakukan. Garam diyakini memiliki banyak manfaat seperti menyerap minyak berlebih pada kulit kepala, serta dapat membersihkan timbunan sel kuliut mati yang menyumbat pori-pori, selain itu garam juga memiliki sifat anti jamur yang dapat mengurangi pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Untuk menggunakan garam ini bisa langsung mengoleskan garam ke kulit kepala lalu pijat perlahan kemudian bilas dengan shampoo, atau bisa juga dengan mencampurnya dengan bahan lain seperti cuka apel, caranya campur sedikit garam dan tambahkan beberapa tetes cuka apel lalu aduk merata sampai menyerupai scrub, oleskan merata pada kulit kepala, diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih.

5. Mengendalikan stress

Tingkat stress yang berlebihan ternyata juga berpengaruh, selain mempengaruhi Kesehatan tingkat stress yang tinggi juga berakibat pada kulit kering dan gatal dan juga melemahnya system imun tubuh.

Dengan menurunnya system imun tubuh maka akan menurunkan kemampuan untuk melawan mikroba termasuk jamur penyebab ketombe. Jadi ada baiknya kita mengelola stress dengan baik.

6. Perhatikan cara mencuci rambut

Jarang keramas atau malah terlalu sering keramas juga dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe.

Tes dan sesuaikan kulit kepala dengan kebiasaan keramas, misalnya yang memiliki kulit kepala kering lebih jarang untk keramas, sedangkan yang memiliki kulit kepala berminyak lebih sering keramas.

7. Cara menghilangkan ketombe menggunakan minyak zaitun

Cara selanjutnya adalah dengan bahan minyak zaitun. Cara ini sangat mudah dilakukan, cukup oleskan secara merata minyak zaitun pada kulit kepala lalu pijat. Diamkan sekitar 1jam kemudian sisir rambut secara perlahan. 

8. Menghilangkan ketombe  menggunakan minyak sereh

Minyak sereh ini memiliki zat antimikroba dan antiradang yang bermanfaat bagi kulit kepala dan dapat mengurangi ketombe.

Terapat riset kecil yang dimuat dalam Complementary medicine research menunjukkan jika produk hairtonic yang mengandung minyak sereh 10%dapat mengurangi ketombe hingga 81% setelah penggunaan 2 minggu secara teratur.

Caranya cukup mudah yaitu campur 2-3 tetes minyak sereh pada shampoo atau kondisioner yang sering digunakan, oleskan secara merata pada kulit kepala sambal pijat perlahan, diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Ulangi proses tersebut 2x seminggu.

9. Menghilangkan ketombe pakai lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan lidah buaya ada 2 macam yaitu dengan aloevera dalam kemasan atau dengan gel secara langsung dari tanamannya.

Lidah buaya ini memiliki kandungan anti bakteri dan jamur yang dapat menghilangkan ketombe. Cara menggunakan bahan ini sangatlah mudah cukup oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala secara merata sambal dipijat, diamkan sekitar 1 jam lalu bilas dengan air bersih.

Untuk hasil yang baik gunakan cara ini 2x seminggu.

10. Meningkatkan asupan asam lemak omega3

Apa akibatnya jik atubuh kekurangan asupan asam lemak omega3? Salah satu akibatnya adalah kulit kering, rambut kering dan juga munculnya ketombe.

Dengan meningkatkan asupan asam lemak omega3 maka akan mengurangi peradangan sehingga meredakan gejala iritasi dan ketombe.

Cara untuk meningkatkan asupan asam lemak omega3 ini bisa dengan mengkonsumsi ikan salmon, ikan trout, dan makarel, flaxseed, chia seed, dan walnut.

Bila perlu bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan, tetapi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah demikian tadi beberapa cara alami yang dapat dicoba untuk menghilangkan ketombe secara alami, selain dari bahan alami, pola hidup dan asupan makanan juga mempengaruhi munculnya ketombe, jadi sebaiknya perbaiki pola hidup dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 5

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Rukun Islam dan Rukun Iman yang Wajib Diketahui, Gambar oleh Syauqi Fillah dari Pixabay

Ini Rukun Islam dan Rukun Iman yang Wajib Diketahui

kesalahan make up, Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay

9 Kesalahan Make Up yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan!