IBX587AF956D34F7

Cara Menghilangkan Jamur dan Bau Pada Pakaian

Cara Menghilangkan Jamur dan Bau Pada Pakaian – Jamur tumbuh subur di tempat-tempat yang memiliki tingkat kelembababan yang tinggi juga area yang hangat. Daerah yang lebih lembab dan hangat semakin baik untuk pertumbuhan jamur. Misalnya dinding, lantai, barang-barang pribadi dan pakaian. Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah masalah waktu. Semakin cepat menemukan barang yang terkena jamur akan semakin bagus. Jamur semakin sulit hilang bila telah tumbuh dan berkembang.

Cara Menghilangkan Jamur dan Bau Pada Pakaian

Cara Menghilangkan Jamur dan Bau Pada Pakaian

Jamur dapat tumbuh dimana saja asalkan tempat tersebut memiliki tiga hal berikut, yaitu:

  1. Makanan
  2. Uap
  3. Kelembababan

Dalam kondisi yang tepat, jamur menyebar cukup cepat.

Jamur Tumbuh Pada Pakaian

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa pakaian adalah tempat yang sempurna untuk pertumbuhan jamur. Semakin cepat menemukan pakaian yang dikontaminasi oleh jamur semakin cepat pula untuk menghapusnya. Jamur lebih lama tinggal di pakaian. Semakin lama menempel pada pakaian akan membuat pakaian menjadi bau dan akhirnya membusuk. Ada beberapa cara menghapus jamur.

Berikut ini ada beberapa Cara Menghilangkan Jamur dan Bau Pada Pakaian yang mudah, aman serta cepat menghapus jamur yang tumbuh pada pakaian dan menghilangkan bau apek.

1. Cuka

Memang bukan hal yang umum bila menggunakan cuka untuk menghilangkan noda dan bau jamur pada pakaian. Cuka sangat efektif untuk menghilangkan jamur dan bau pada pakaian.

Tambahkan 3/4 cangkir cuka kedalam pakaian berjamur yang akan dicuci lalu rendam dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Cuka akan menghapus bau jamur dari pakaian. Gunakan deterjen setelah jamur sudah benar-benar bersih dari pakaian.

2. Membersihkan Dengan Cara Lama

  • Menggunakan sikat

Ambil semua pakaian yang terkena jamur lalu sikat satu per satu. Dengan cara ini mencegah jamur umtuk menyebar ke tempat lain. Selalu ingat untuk memakai masker pelindung dan sarung tangan ketika berhadapan dengan jamur.

  • Jemur Di Panas Matahari

Setelah disikat, jemur di bawah panas matahari sampai kering. Panasnya matahari akan membunuh apapun yang tersisa dari jamur di pakaian.

  • Rendam Dengan Air Dingin

Rendam pakaian yang masih terkena noda dengan air dingin, angkat kemudian cuci kembali dengan air hangat tidak lupa memakai detergen. Keringkan di bawah sinar matahari.

  • Taruh Pemutih

Jika noda belum juga hilang, taruh pemutih klorin di daerah yang terkontaminasi. Gunakan pemutih sebanyak 2 sm untuk 1 liter air. Pastikan bahwa pemutih yang digunakan tida mengubah warna kain. Menggunakan jus lemon dan larutan garam bisa jadi alternatif untuk tetap mempertahankan warna pakaian. Setelah sekitar 10 menit, bilas sampai bersih.

  • Cuci, Bilas dan Keringkan

Cuci seperti biasa, bilas dan biarkan kering di bawah sinar matahari. Pastikan pakaian benar-benar kering untuk memastikan bahwa jamur tidak tumbuh kembali. Semprotkan sedikit fungisida untuk menghilangkan bau jamur dari pakaian.

  • Penggunaan “Mildicides”

Mildicides adalah bahan atau istilah baru yang diberikan untuk produk yang bisa mengatasi jamu dan kontaminasi jamur.

Ketika memilih untuk menggunakan mildicides untuk menghilangkan jamur dan bau, biasakan untuk membaca label terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana teknik yang akan digunakan. Bagaimanapun juga mildicides adalah bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan bila tidak digunakan dengan cara yang benar.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai Cara Menghilangkan Jamur dan Bau Pada Pakaian. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat.

Advertisements