in ,

Ampuh! Ini Cara Menghilangkan Bopeng Atau Bekas Jerawat dengan Bahan Alami dan Medis

Tampil cantik tanpa bopeng yuk!

Kondisi kulit berjerawat merupakan masalah yang seringkali dialami oleh remaja baik perempuan maupun laki-laki. Parahnya, jika jerawat sudah meradang dan cukup sering muncul, ada kemungkinan jerawat itu akan membekas dan menyisakan bopeng.

Bopeng adalah tekstur wajah seperti lekuk-lekuk yang muncul akibat jerawat yang sering dipencet atau digaruk dengan tangan. Bopeng sangat mengganggu bagi yang mengalaminya dan membuatnya menjadi kurang percaya diri. Untuk menyamarkannya, perlu usaha yang cukup ekstra.

Cara Menghilangkan Bopeng
Cara Menghilangkan Bopeng, image by : pixabay

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara menyamarkan bopeng bekas jerawat, perlu diketahui dulu penyebab munculnya bopeng bekas jerawat ini.

Munculnya bopeng diakibatkan oleh kebiasaan memencet jerawat atau menggaruk dengan tangan hingga jerawat pecah. Jerawat yang pecah akan membentuk cekungan pada wajah dan memberikan tekstur pada wajah.

Bopeng juga sering disebut sebagai bekas luka atrofi. Bekas luka atrofi atau bopeng bisa terjadi karena beberapa tindakan tanpa pengawasan dokter. Seperti, memecahkan jerawat dengan tangan yang kotor atau melakukan suntik dengan orang yang bukan profesional.

Setelah diketahui penyebabnya, tentu cara yang paling tepat untuk mencegahnya adalah dengan tidak mememecahkan jerawat dengan tangan atau melakukan perawatan tanpa tenaga profesional. Tapi, bagaimana jika sudah terjadi dan membekas?

Berikut rangkuman beberapa cara menghilangkan bopeng atau bekas jerawat secara alami maupun dengan tindakan medis.

Cara menghilangkan bopeng atau bekas jerawat secara alami

1. Jeruk Nipis dan Madu

Cara secara alami pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan madu.

Kedua bahan ini dipercaya bisa menyamarkan bopeng bekas jerawat dan meredakan radang akibat jerawat.

Kamu bisa mencampurkan sesendok makan madu dan sesendok makan air perasan jeruk nipis. Campurkan keduanya dan jadikan sebagai masker selama 15 menit. Setelah itu, bisa kamu bilas dengan air mengalir hingga bersih.

2. Tomat dan Mentimun

Cara kedua secara alami adalah dengan tomat dan mentimun. Tomat dan mentimun yang mengandung antioksidan dan banyak vitamin yang bisa menutrisi kulit wajah sehingga bisa mempercepat kulit beregenerasi dan mengurangi tekstur pada wajah.

Tomat dan mentimun bisa kamu jadikan masker atau kamu konsumsi secara langsung untuk membantu mengurangi bekas jerawat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Lidah Buaya

Cara alami yang ketiga adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya sudah terkenal memiliki khasiat untuk menyamarkan bekas jerawat.

Bahkan, kamu bisa menemukan produk berbahan dasar lidah buaya dimana-mana. Jika kamu menginginkan cara yang alami, kamu bisa kupas lidah buaya dan mengoleskan cairan beningnya pada wajah lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, jangan lupa untuk bilas secara bersih dan lakukan dengan rutin.

Jika wajahmu memang sudah dalam keadaan berjerawat, beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadi bopeng seperti berikut ini.

Cara mencegah bopeng

1. Tidak menyentuh jerawat

Memang gatal rasanya untuk tidak menyentuh jerawat. Apalagi saat besar-besarnya dan seperti akan meletus. Tapi tahan sebentar ya, jangan sentuh apalagi dengan tangan yang kotor.

Semakin sering kamu menyentuh wajah, bakteri dari tangan akan semakin banyak yang berpindah ke wajah. Hal ini akan menyebabkan wajah semakin meradang dan menyisakan bekas nantinya. Pastikan untuk tidak menyentuh jerawat dan kalau terpaksa menyentuh, pastikan tangan kamu sudah bersih ya!

2. Menjaga kebersihan wajah

Kalau kamu sedang mengalami jerawat, kebersihan wajah menjadi kunci agar cepat mengering dan tidak berbekas.

Jika kamu menggunakan makeup, pastikan sebelum tidur untuk selalu membersihkan makeup secara menyeluruh dan tidak bersisa.

Wajah yang bersih akan mempercepat proses peradangan dari jerawat. Selain itu, hal ini bisa membantu wajah agar terhindar dari bopeng bekas jerawat.

3. Tidak menggosok terlalu kuat

Ketika wajah sedang berjerawat, pastikan untuk tidak menggosoknya terlalu kuat. Jerawat sangatlah sensitif dan menggosoknya terlalu kuat bisa membuat jerawat menjadi pecah dan mengakibatkan luka.

Luka ini akan menjadi cikal bakal dari bopeng dan bahkan bisa memunculkan jerawat lainnya. Maka dari itu, gosoklah dengan perlahan dan pastikan untuk tidak memecahkan jerawat tanpa bantuan profesional.

4. Hindari produk kosmetik

Wajah yang berjerawat hendaknya dihentikan dulu penggunaan kosmetik. Hal ini dibutuhkan untuk wajah agar memiliki ruang untuk bernapas.

Mengingat kulit yang berjerawat sedang meradang, dan membutuhkan istirahat untuk memulihkan peradangannya. Beberapa produk kosmetik yang tidak boleh digunakan selama wajah berjerawat adlah primer, atau concealer pada area yang berjerawat atau baru saja pecah.

5. Konsultasikan dengan profesional

Konsultasikan langsung ke tenaga profesional seperti dokter kulit atau datang ke klinik kecantikan terdekat jika jerawat yang kamu alami terasa lebih parah daripada biasanya.

Selain dengan bahan alami, ada cara menghilangkan bopeng bekas jerawat lainnya. Yaitu dengan bantuan tenaga medis. Berikut beberapa caranya ;

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan tenaga medis

1. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan metode mikro. Penggunaan kristal aluminium oksida kecil untuk mengangkat sel kuli mati.

Metode ini memusatkan pada pengangkatan sel kulit mati pada bagian terluar kulit yaitu epidermis. Tindakan ini sering dilakukan dan relatif aman untuk digunakan dan bisa mengurangi kerutan bahkan bekas jerawat.

2. Chemical peeling

Hampir sama dengan mikrodermabrasi, chemical peeling memusatkan untuk mengangkat sel kulit mati pada bagian terluar kulit. Hanya saja, menggunakan cairan kimia yang sudah terbukti aman bagi kulit wajah. selain bisa mengangkat sel kulit mati, chemiical peeling juga bisa mencerahkan dan mengurangi bekas jerawat bahkan bercak kehitaman akibat sinar matahari.

3. Skin needling

Skin needling adalah alat berupa gulungan kecil dengan ratusan jarum kecil yang menempel. Cara kerjanya yaitu dengan merusak kulit mati agar segera terbentuk kulit baru.

Ukuran jarum juga bisa disesuaikan dengan kedalaman bopeng pada wajah. Meskipun terdengar lebih menyakitkan, metode ini justru lebih populer dan murah dibandingkan dengan metode sebelumnya.

Nah, itu dia cara untuk menyamarkan bopeng bekas jerawat yang bisa kamu gunakan. Sesuaikan dengan kebutuhanmu, dan bila dirasa sudah terlalu parah, kamu bisa konsultasikan dengan dokter kulit atau datang ke klinik kecantikan terdekat.

Pastikan klinik kecantikan yang kamu datangi merupakan tenaga profesional yang sudah terstandarisasi. Semoga bermanfaat!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 2

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Written by Sabrena

Inilah 4 Gaya Make Up Untuk Baju Warna Merah!

Tutupi Bekas Jerawat dengan Makeup, Gini Lho Caranya!

Gini Lho, 6 Langkah & Cara Menutupi Bekas Jerawat dengan Make Up