in

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi yang Membandel

Jerawat di pipi memang sangat mengganggu

Jerawat adalah salah satu permasalahan yang sering dialami pada kulit wajah. Keberadaan jerawat bisa berpengaruh pada rasa percaya diri seseorang. Hal ini semakin mengganggu kala bekas jerawat yang menghitam muncul di bagian pipi dan bertahan dalam jangka waktu lama.

Noda hitam ini seringkali muncul karena hiperpigmentasi yang dipicu oleh aktivitas tubuh memproduksi sel yang mengandung banyak melanin.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi yang Membandel, image by : www.sehatq.com
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi yang Membandel, image by : www.sehatq.com

Kadar melanin pada sel tubuh mempengaruhi warna pada kulit, mata ataupun rambut. Keberadaan pigmen melanin dalam jumlah banyak akan membuat bagian tubuh berwarna semakin gelap. Selain keberadaan melanin, hal lain yang menyebabkan timbulnya noda hitam adalah kebiasaan memencet jerawat hingga timbul peradangan serta adanya hiperpigmentasi setelah fase inflamasi.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat dan efektif bisa menampilkan kulit wajah yang sehat serta mengembalikan kepercayaan diri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat hitam pada pipi.

1. Oleskan Madu

Madu adalah bahan alami yang sejak lama dipercaya memiliki banyak manfaat. Kandungan antibiotik yang ada pada madu membantu poses pemulihan sel tubuh secara alamiah.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan madu dilakukan dengan mengoleskannya pada bekas jerawat yang menghitam.

Lakukan hal ini sebelum tidur malam. Bilas wajah di pagi hari dengan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa madu.

2. Gunakan Masker Lidah Buaya

Lidah buaya telah lama diketahui memiliki kandungan antibakteri dan antiperadangan.

Bahan alami yang terkandung di dalam lidah buaya juga bermanfaat untuk menstabilkan kandungan melanin yang ada di dalam sel.

Ambil satu bilah lidah buaya, kupas kulitnya lalu ambil dan usapkan gel yang terbisa pada bagian dalam jaringan daun ke wajah dan berikan sedikit pijatan. Aplikasikan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Perasan Lemon

Kandungan vitamin C yang dimiliki lemon bisa mengurangi kadar melanin pada kulit.

Potong dan peras lemon lalu oleskan air perasaannya ke permukaan kulit wajah. Biarkan selama lebih kurang 10 menit lalu bilas.

Selain mengurangi kadar melanin, lemon juga bisa meningkatkan elastisitas kulit, mencerahkan serta menginisiasi pertumbuhan sel kulit baru. Campuran madu dan lemon juga bisa dimanfaatkan sebagai masker jerawat.

4. Masker Kentang

Kentang memiliki kandungan alami yang bermanfaat memperbaiki jaringan kulit sehingga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Potongan kentang bisa langsung ditempelkan ke wajah untuk menbisakan manfaatnya. Kandungan pati yang ada pada kentang akan meresap ke jaringan kulit dan perlahan-lahan mengilangkan bekas jerawat yang menghitam. Agar efektif biarkan selama 15 menit baru kemudian dibilas.

Selain cara alami diatas, noda hitam bekas jerawat di pipi juga bisa dihilangkan dengan menggunakan pendekatan teknologi dan konsumsi suplemen makanan untuk mempercepat pemulihan kulit.

Berikut adalah langkah-langkah lain yang bisa kita tempuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

1. Menggunakan Tabir Surya

Cahaya matahari memiliki gelombang sinar ultra violet yang bisa berdampak kurang baik pada kulit.

Salah satu dampak negatifnya adalah memicu pembentukan pigmen melanin pada kulit. Penggunaan tabir surya akan melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet secara langsung. Tabir surya yang baik adalah yang memiliki kandungan SPF 30.

2. Mengkonsumsi Vitamin C

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengurangi kadar melanin yang ada pada sel kulit.

Buah-buahan memiliki kandungan vitamin C yang krusial dibutuhkan untuk pembentukan kolagen. Kolagen berfungsi memperkuat jaringan serta menjadikan kulit menjadi lebih elastis.

Buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi serta baik dikonsumsi untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat adalah strawberry dan blueberry.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi di atas harus rutin kamu lakukan ya. Karena cara yang alami membutuhkan kesabaran dan harus rajin. Meski lama cara alami lebih aman buat kulit dan kesehatan kamu. Selamat mencoba!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 7

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Written by Kazebara

Hidup Seperti Semilir Angin, Menyejukkan Meski Hanya Sesaat.

Faktor Penyebab Jerawat, image by : idntimes.com

Faktor Penyebab Jerawat yang Perlu Kamu Tahu, Biar Gak Balik Lagi!

Cara Meluruskan Rambut

5 Cara Meluruskan Rambut Dengan Bahan Alami