in

7 Cara Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri, Tidak Sulit Kok!

Pada dasarnya setiap manusia dilahirkan dengan dibekali 2 hal, baik-buruk, kelebihan-kekurangan dan masih banyak lagi lainnya.

Siapaun kita pastinya akan memiliki kedua hal tersebut hanya saja kemampuan untuk memahaminya yang berbeda.

Cara Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri, Gambar oleh Nicola Giordano dari Pixabay
Mengetahui Kekurangan Diri Sendiri, Gambar oleh Nicola Giordano dari Pixabay

Umumnya kita akan lebih menonjolkan apa yang terlihat baik dari diri sendiri dan tak jarang menyembunyikan hal yang sebaliknya.

Sebagai contoh ketika ditanya tentang kelebihan kebanyakan dari kita akan bercerita panjang lebar mengenai segala kelebihan, namun ketika ada yang menanyakan hal sebaliknya apakah kita juga biasa dengan santai untuk menceritakan semuanya?

Tentu saja tidak, bahkan beberapa dari kita tak mengetahui apa yang kurang dari diri sendiri sehingga ketika mendapat pertanyaan semacam tadi justru menanggapinya dengan tersinggung, “ini ngapain sih tanya-tanya kayak gini?” maksudnya apa dan sebagainya.

Sehubungan dengan hal ini maka mari kita sama-sama belajar lebih mengenal diri sendiri, tak hanya mengetahui kelebihan namun kita juga belajar untuk mengetahui apa yang menjadi kekurangan dari diri kita.

Nah pembahasan dibawah ini lebih fokus pada kekurangan yang samara tau batin ya, yang hanya diketahui oleh diri sendiri, bahkan tidak bisa diketahui oleh semua dokter.

Jangan sampai kita terlalu mencintai diri sendiri sehingga kemampuan untuk melihat kekurangan jadi berkurang, dibawah ini sudah kami rangkum cara mengetahui kekurangan diri sendiri, langsung saja disimak yuk!

1. Memperhatikan apa yang dikatakan orang lain

Sebagai manusia sebaiknya kita menjadi manusia yang lebih terbuka terhadap pendapat orang lain, jangan karena alasan kita kan gak makan dari mereka atau mereka kan gak ngasih kita apa-apa kenapa harus didengarkan?

Cobalah untuk mengesampingkan ego tersebut untuk lebih mengetahui apa yang kurang pada diri sendiri, karena dari omongan orang lain tersebut sedikit banyak kita akan lebih memahami diri sendiri termasuk kekurangan yang ada.

2. Membayangkan hal yang pernah dilakukan

Cobalah sebelum beristirahat sedikan waktu untuk merenung, mencoba mencerna kembali hal apa yang sudah pernah kita laukan, dan coba bayangkan jika hal itu terjadi pada orang lain, semacam evaluasi diri.

Jika selama ini lebih banyak perbuatan baik maka teruskan namun jika ternyata masih banyak hal yang buruk maka cobalah untuk merubahnya.

3. Perlihatkan amal perbuatan kita

Hal ini bukan bermaksud untuk sombong atau riya’ ya namun semata-mata untuk mengetahui apakah masih ada yang kurang dari diri kita.

Tentunya memperlihatkan dan memberitahukan amal ini harus kepada orang yang mengerti, paham dan tepat ya, coba untuk meletakkannya diatas ukuran syara’ dan diatas timbangan keadilan, dari situ akan terlihat mana yang baik dan utama dan juga mana hal yang hina.

4. Melihat orang yang melakukan amal kebaikan

Coba lihat orang sekeliling kalian, lihat apa amalan yang sudah mereka lakukan, dan bandingkan dengan apa yang sudah kamu lakukan, dari situ akan terlihat bahwa bekas dari kekurangan adalah aib yang secara tidak sadar kalian hindari dan jauhi.

5. Pikirkan akibat dari kekurangan

Cobalah untuk lebih memikirkan segala akibat dari kekurangan kita, dari hal ini kita akan lebih belajar untuk lebih memikirkan segala kemungkinan dari tindakan.

Akibat buruk dari sebuah keburukan atau akibat baik dari kebaikan yang kita lakukan.

6. Memperhatikan apa yang dibicarakan oleh lawan

Seperti yang kita ketahui bersama jika musuh akan terus mencari kekurangan dan kelemahan kita.

Meskipun kita tidak diajarkan untuk saling bermusuhan namun jika kita pandai mencerna apa yang musuh sampaikan maka itu akan membantu kita mengetahui kekurangan dan memperbaiki diri.

7. Meminta pendapat dari teman

Nah jika cara-cara diatas terasa sulit, maka cara terakhir adalah dengan berbicara jujur meminta bantuan teman.

Tapi pastikan kalian memilih teman yang tepat, pilihlah teman yang menurutmu paling dewasa dan bijak, tapi pastikan jika temanmu mengatakan hal yang sejujurnya apapun itu kita tak boleh menanggapinya dengan wajah yang cemberut dan marah, selain untuk menjaga perasaannya harusnya kita berterimakasih karena sudah dibantu mengetahui apa yang menjadi kekurangan kita.

Nah itu tadi beberapa cara mengetahui kekurangan diri sendiri, diantara tips diatas apakah sudah ada yang kalian gunakan?

Atau malah baru tau tentang hal ini?

Ceritakan di kolom komentar ya, semoga dengan mengetahui kekurangan yang ada pada diri sendiri akan menjauhkan kita dari sifat sombong karena terlalu percaya diri dengan kelebihan yang dimiliki.

Terimakasih sudah membaca sampai akhir dan sampai jumpa di tips-tips lainnya. Salam.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

10 Ide Padu Padan Warna Hijab Dengan Baju pink

Ucapan Belasungkawa , Gambar oleh Goran Horvat dari Pixabay

37 Contoh Ucapan Belasungkawa Singkat, Untuk Teman, Guru, Keluarga Dekat, Lengkap!