in

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Mulai dengan Gaya Hidup dan Perawatan Alami

Rambut rontok bisa terjadi tanpa memandang jenis kelamin dan usia

Rambut rontok bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Masalah rambut rontok juga kadang susah untuk diatasi. Sudah menggunakan beragam cara mengatasi rambut rontok, tapi tetap saja hasilnya belum maksimal.

Ingatlah juga kalau setiap orang merontokkan rambut setiap hari dan hal ini normal terjadi. Jadi sebelum panik, perhatikan intensitas kerontokan. Jika masih berada di rentang 50 hingga 100 helai per hari, artinya masih normal.

cara mengatasi rambut rontok
Cara Mengatasi Rambut Rontok

Saat rambut rontok terus-menerus kamu juga bisa berkonsultasi ke dokter. Untuk mengetahui lebih lanjut apa penyebabnya dan treatment yang tepat.

Karena selain cara yang alami, rambut rontok kadang perlu diobati dengan pengobatan sesuai saran professional. Jangan sembarangan meminum obat karena justru bisa tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika kamu belum merasa perlu untuk pergi ke dokter, berikut ini 11 cara mengatasi rambut rontok yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1. Diet Mediterania

Kesehatan rambut juga bergantung pada pola konsumsi. Sebuah studi tahun 2018 mengungkapkan jika diet Mediterania dapat mengurangi risiko androgenic alopecia (pola kebotakan wanita atau pola kebotakan pria).

Diet mediterania adalah pola makan dengan banyak sayuran segar dan mentah. Konsumsi juga makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut seperti bayam, alpukat, biji-bijian, paprika dan lain sebagianya.

2. Protein

Folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein yang disebut keratin.

Satu studi tahun 2017 dari 100 orang dengan rambut rontok mencatat beberapa kekurangan nutrisi pada peserta, termasuk asam amino yang berfungsi sebagai pembangun protein. Mengonsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

3. Vitamin A

Vitamin A terdiri dari retinoid, yang telah terbukti meningkatkan laju pertumbuhan rambut. Juga bisa membantu produksi sebum yang baik untuk kesehatan rambut, menjaga kesehatan kulit kepala dan mempertahankan lebih banyak rambut.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Selain bagus untuk mencegah rambut rontok, juga baik untuk kesehatan mata.

4. Biotin

Biotin, vitamin H atau B7, terlibat dalam sintesis asam lemak dalam tubuh yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Kekurangan biotin bisa menyebabkan kerontokan rambut. Selain konsumsi makanan yang mengandung biotin, kamu juga bisa membeli multivitamin. Agar sekaligus mendapatkan semua vitamin penting untuk rambut.

5. Keramas secara teratur

Mencuci rambut dengan teratur bisa melindungi rambut rontok dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Kuncinya adalah menggunakan sampo ringan. Formula yang lebih keras dapat mengeringkan rambut dan menyebabkannya patah, menyebabkan rambut rontok.

Kenali jenis rambutmu dan sesuaikan kebutuhan keramas. Direkomenadikan untuk tidak keramas setiap hari, karena akan membuat rambut kering dan rusak.

6. Minyak kelapa

Menurut tinjauan studi tahun 2018, para peneliti percaya bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerusakan rambut akibat perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV).

MInyak kelapa punya kandungan asam laurat yang membantu mengikat protein rambut, melindunginya dari kerusakan dan menyehatkan akar dan helai rambut. Oleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan pijat dengan lembut. Cara ini bisa meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk melembabkan rambut, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan.

Caranya mudah, tinggal oleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut dan biarkan selama 30 menit sebelum dicuci.

8. Minyak atsiri

Minyak esensial dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Sebuah studi tahun 1998 membagi 86 orang dengan alopecia areata menjadi dua kelompok, salah satunya minyak cedarwood yang dicampur dengan lavender dan rosemary. Setelah tujuh bulan, 43 persen orang memiliki kondisi rambut yang lebih baik.

Minyak esensial lain yang bisa digunakan termasuk lavender, serai, dan peppermint. Campurkan beberapa tetes salah satu atau semua minyak ini dengan beberapa sendok makan minyak pembawa, seperti jojoba atau biji anggur. Oleskan ke kulit kepala selama 10 menit lalu dicuci.

9. Bawang merah

Bawang merah bisa meningkatkan pertumbuhan di hampir 87 persen peserta dalam sebuah penelitian kecil tahun 2014. Kandungan sulfur pada bawang merah dipercaya baik untuk perawatan rambut.

10. Pijat

Tidak hanya terasa nyaman dan menyenagkan, pijat kepala juga bagus bagi pertumbuhan rambut dan menghindari kerontokan.

Satu Sumber Tepercaya studi kecil tahun 2016 menunjukkan peserta melihat hasil dengan pijatan sedikitnya empat menit sehari selama 24 minggu.

11. Yoga

Rambut rontok yang disebabkan oleh stres dapat diatasi dengan yoga. Cobalah pose yoga penghilang stres ini untuk mencegah dan memperlambat rambut rontok. Kamu bisa mengikuti kelas yoga atau belajar sendiri di Youtube.

Cara mengatasi rambut rontok ada banyak memang, paling penting adalah kamu melakukannya dengan teratur.

Jangan hanya menggunakan obat atau salah satu cara perawatan alami saja. Maksimalkan dengan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan yang kaya dengan nutrisi. Karena rambut yang sehat harus seimbang nutrisinya luar dan dalam.

Itulah 11 tips dan cara mengatasi rambut rontok, mulai dengan gaya hidup dan perawatan alami. Tidak sulit bukan? selamat mencoba!

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Written by Kazebara

Hidup Seperti Semilir Angin, Menyejukkan Meski Hanya Sesaat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami, Mudah Dilakukan Di Rumah

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami, Mudah Dilakukan Di Rumah

11 Drama Korea Romantis Tahun 2020 Bikin Super Baper

11 Drama Korea Romantis Tahun 2020 Bikin Super Baper, Kisah Cinta yang Manis dan Lucu