in

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering, Kembalikan Kilau Rambut Sehat Lebat

Ketahui penyebabnya agar rambut kembali sehat

Rambut selalu disebut sebagai ‘mahkota’, terutama bagi wanita. Gaya rambut menjadi cerminan kepribadian seseorang. Rambut sehat dan lebat juga kebanggaan tersendiri. Kalau rambut bermasalah, seperti rontok dan kering rasanya bisa mengurangi rasa percaya diri. Apakah kamu salah satu yang mengalami masalah ini?

Rambut rontok yang berlebihan bisa menjadi masalah yang merepotkan memang, terutama bagi wanita.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering
Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Namun, jika didiagnosis dengan benar, bisa dapat mengontrol rambut rontok dengan pengobatan sederhana yang alami dan efektif dalam menyelamatkan rambut. Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi rambut rontok dan kering, pahami juga penyebabnya.

Penyebab Rambut Rontok

1. Kekurangan nutrisi

Kekurangan zat besi, tembaga, seng, dan protein dan vitamin D bisa menyebabkan rambut rontok.

2. Ketidakseimbangan Hormon

Setelah usia 30 tahun, wanita bisa mengalami ketidakseimbangan hormon yang bisa menyebabkan rambut rontok.

3. Masalah tiroid

Jika terjadi masalah pada kelenjar tiroid, selain kerontokan juga terjadi masalah pada berat badan.

4. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) memiliki ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan kadar androgen lebih tinggi dari biasanya. Hal ini seringkali menyebabkan rambut tumbuh di wajah dan tubuh, sedangkan rambut di kepala semakin menipis.

5. Pil KB

Hormon dalam pil yang menekan ovulasi bisa menyebabkan rambut menipis.

6. Stres

Stres ekstrem dapat menyebabkan kerontokan rambut mendadak yang bisa berlangsung selama beberapa bulan.

7. Produk tata rambut

Rambut yang dirawat secara berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok dan kering karena bahan kimia.

Banyak hal bisa menyebabkan rambut rontok dan kering. Ketahui penyebabnya agar rambut kembali sehat. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok dan kering untuk hasil perawatan yang maksimal.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

1. Shampo

Jika rambutmu rontok dan kering gunakan shampoo yang ringan dan melembabkan. Shampo dengan bahan alami lebih baik. Karena kandungan bahan kimia seperti sulfat, paraben, dan silikon yang dapat membuat rambut rapuh dan rentan terhadap kerusakan.

2. Kondisioner

Kondisioner yang baik dapat memberikan keajaiban. GUnakan kondisioner yang mengandung asam amino yang membantu memperbaiki rambut rusak, dan juga membantu menjaganya tetap halus dan lembab.

3. Diet dan Olahraga

Evaluasi lagi apa yang kamu makan, pastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang seimbang. Karena rambut yang sehat juga butuh nutrisi untuk tumbuh. Selain diet, lengkapi dengan olahraga teratur. Gaya hidup sehat tidak hanya baik untuk rambut, tapi juga kulit dan tubuh secara keseluruhan.

4. Hentikan Perawatan Kimia

Kalau kamu suka pergi ke salon dan menjalani perawatan kimia seperti pelurusan, pengeritingan dan pewarnaan jelas tidak baik untuk rambut. Juga hindari penggunaan pengering rambut.

5. Gunakan humidifier di malam hari

Kembalikan kelembapan rambut yang kering dan rusak dengan humidifier di malam hari.

6. Konsumsi omega-3

Minum satu hingga tiga kapsul 250 miligram minyak borage, minyak evening primrose, atau minyak biji rami satu hingga tiga kali sehari. Semuanya kaya akan asam lemak omega-3 seperti asam linolenat gamma, bagus untuk menjaga kelembapan rambut (dan kuku).

7. Rawat dengan minyak nabati

Minyak zaitun, jojoba, dan almond adalah bahan alami yang bagus untuk rambut rontok dan kering. Basahi rambut dan oleskan sedikit minyak sampai merata. Tutup dengan handuk hangat selama sekitar 30 menit, lalu bilas.

8. Siapkan masker cuka sari apel

Hidupkan kembali rambut yang rapuh atau rusak dengan ramuan ini: campurkan 1 sendok teh cuka sari apel dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan 3 sendok makan putih telur, lalu gosokkan campuran tersebut ke rambut. Tutupi rambut selama sekitar setengah jam lalu keramas dan bilas. Masker rambut alami ini bisa mengatasi rambut rontok dan kering.

9. Alpukat

Hancurkan alpukat matang ditambah dengan satu telur, lalu oleskan ke rambut basah. Alpukat kaya akan vitamin, asam lemak esensial, dan mineral yang akan membantu mengembalikan kilau rambut. Biarkan minimal 20 menit, lalu bilas beberapa kali. Ulangi seminggu sekali untuk rambut rontok dan kering lalu sebulan sekali jika rambutmu kembali sehat.

Setelah kamu melakukan semua cara mengatasi rambut rontok dan kering di atas, jangan lupa untuk tidak terlalu sering keramas dengan air panas dan mengikat rambut dengan kencang. Beri kebebasan pada rambut dengan membiarkannya terurai dan kering dengan alami. Semoga tips ini bisa membantu mengembalikan kilau rambut sehat dan lebat kamu ya.

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Written by Kazebara

Hidup Seperti Semilir Angin, Menyejukkan Meski Hanya Sesaat.

12 Gaya Rambut Berdasarkan Zodiak Bulan Ini

12 Gaya Rambut Berdasarkan Zodiak Bulan Ini Yang Layak Dicoba

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami, Mudah Dilakukan Di Rumah

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami, Mudah Dilakukan Di Rumah