in

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami, Mudah Dilakukan Di Rumah

Rambut rontok bisa terjadi karena pola hidup yang tidak sehat, stress dan banyak perawatan menggunakan bahan kimia.

Selain itu faktor genetik dan hormon juga bisa mempengaruhi. Kamu bisa menggunakan cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami berikut ini.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan dengan Bahan Alami, Mudah Dilakukan Di Rumah
Mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami, foto: fridaymagazine.ae

Jika memang masih parah rontoknya, konsultasikan dengan dokter.

1.Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menembus jauh ke dalam batang rambut dan mencegah hilangnya protein. Membantu mengurangi rambut rontok berlebihan dan kerusakan rambut.

Siapkan:

1-2 sendok makan minyak kelapa murni

Pijat minyak kelapa dengan lembut ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama setidaknya satu jam sebelum dibilas dengan pembersih ringan. Bisa kamu lakukan dua kali seminggu.

2. Yogurt

Yogurt adalah sumber probiotik yang dikenal bisa menyebabkan pH asam. PH asam dapat mengubah kutikula rambut, membuat rambut berkilau dan mencegah kerusakan yang bisa memicu kerontokan rambut.

Caranya tinggal konsumsi yoghurt sekali sehari dan buat masker rambut yoghurt.

Campur 2 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok makan madu dan lemon dalam mangkuk. Oleskan pasta ini pada kulit kepala dan akar rambut. Biarkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Cukup lakukan seminggu sekali.

3. Jus bawang merah

Berasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology, aplikasi topikal jus bawang merah ke kulit kepala dapat membantu pertumbuhan kembali rambut, terutama pada kasus alopecia areata.

Siapkan :

½ bawang merah

Haluskan dan saring untuk mendapatkan sarinya. Oleskan jus ke kulit kepala dan biarkan selama 30-60 menit. Bilas dengan air. Lakukan 1-2 kali seminggu.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCG merangsang pertumbuhan sel papilla dermal kulit kepala dan dapat membantu sebagai obat alami untuk mencegah rambut rontok berlebihan.

Siapkan :

1 kantong teh hijau

1 cangkir air panas

Masukkan kantong teh hijau ke dalam secangkir air panas. Seduh selama 5-10 menit dan saring.

Biarkan larutan menjadi agak dingin. Kamu bisa meminum tehnya sekaligus menggunakan seduhan teh untuk membilas rambut setelah keramas.

5. Masker telur

Telur kaya dengan kandungan sulfur, fosfor, selenium, yodium, seng, dan protein, yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara membuat :

Pisahkan satu putih telur dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh minyak zaitun dan madu. Kocok untuk membuat pasta dan aplikasikan ke seluruh bagian dari akar sampai ujung. Biarkan 20 menit, bilas dengan sampo ringan.

6. Santan kelapa

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami selanjutnya adalah menggunakan santan kelapa. Protein dan lemak esensial di dalamnya meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut. Juga menjaganya tetap lembab.

Cara membuat:

Parut kelapa berukuran sedang dan didihkan dalam wajan selama lima menit. Saring dan dinginkan, kemudian tambahkan satu sendok makan lada hitam. Oleskan pada kulit kepala dan rambut. Biarkan 20 menit, bilas dengan sampo.

7. Daun bit

Bit kaya akan vitamin C dan B6, folat, mangan, betaine, dan kalium, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. Juga bermanfaat untuk detoksifikasi dengan membantu menjaga kebersihan kulit kepala.

Cara membuat :

Rebus 7-8 lembar daun bit. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah lama terkenal bagus untuk rambut. Bahan alami yang efektif untuk rambut rontok dan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini juga efektif dalam mengurangi masalah kulit kepala seperti gatal dan pengelupasan.

Cara membuat :

Ambil batang lidah buaya dan ekstrak ampasnya. Oleskan ke rambut dan kulit kepala, biarkan selama sekitar 45 menit. Bilas dengan air biasa. Lakukan tiga hingga empat kali seminggu untuk melihat hasil yang lebih baik.

Selain cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami di atas, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan rambut:

  1. Hindari mengikat rambut dengan kencang.
  2. Sisir rambut dengan lembut dan sesuaikan jenis sisirnya.
  3. Hindari penggunaan perawatan yang keras pada rambut seperti alat pengeriting rambut, perawatan minyak panas, atau rol panas.
  4. Berhenti minum obat atau suplemen yang dapat menyebabkan rambut rontok.
  5. Lindungi rambut dari sinar matahari yang merusak dengan menggunakan topi dan syal saat keluar rumah.
  6. Berhenti merokok.

Semoga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontokmu ya…

Seberapa menarik artikel ini?

Klik bintang untuk vote

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 3

Jadilah yang pertama memberi peringkat pada artikel ini.

Kami mohon maaf karena posting ini tidak berguna untuk Anda

Biarkan kami memperbaiki pos ini

Beri tahu kami bagaimana kami dapat memperbaiki pos ini?

Written by Kazebara

Hidup Seperti Semilir Angin, Menyejukkan Meski Hanya Sesaat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering, Kembalikan Kilau Rambut Sehat Lebat

Cara Mengatasi Rambut Rontok

11 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Mulai dengan Gaya Hidup dan Perawatan Alami