in

Ini Dia 7 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid

Penggunaan obat nyeri bukan hal yang sepenuhnya tepat

Sering merasa nyeri ketika haid? Tak perlu resah dan khawatir karena nyeri pada saat haid memang gejala umum yang di alami pada saat PMS (Premanstrual Syndrome).

PMS sendiri terjadi karena faktor hormonal dimana proses ovulasi terjadi secara tidak sempurna sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan hormon.

Ini Dia 7 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid
Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid

Masalah nyeri ketika haid tentu menjadi masalah yang cukup mengganggu. Selain menghambat dan memperlambat aktivitas, akan muncul rasa tidak nyaman dan rasa tidak menyenangkan.

Untuk mengatasi rasa nyeri ini, kebanyakan wanita akan mengambil cara mudah yaitu meminum obat pereda nyeri.

Namun, penggunaan obat nyeri sendiri bukan hal yang sepenuhnya tepat. Karena pada dasarnya rasa nyeri yang muncul disebabkan oleh menegangnya otot pada bagian tubuh tertentu.

Sudah saatnya mencoba cara mengatasi nyeri haid yang lebih aman dan tepat seperti yang akan Trend Wanita jabarkan berikut ini.

Ini dia 7 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid

1. Kompres Hangat

Tempelkan kantong karet atau botol yang telah diisi air hangat ke bagian tubuh yang terasa yang nyeri, biasanya pada perut atau punggung.

Selain menggunakan kantong karet dan botol bisa juga menggunakan handuk yang direndam air hangat. Lakukan pemijatan ringan agar bagian tubuh yang nyeri terasa rileks.

Kompres hangat terbukti dapat membantu merilekskan otot yang tegang. Ini karena peningkatan suhu pada area tubuh tertentu akan membantu proses pelebaran pada pembuluh darah sehingga dapat memperlancar peredaran darah.

2. Kompres Dingin

Selain mengompres dengan air hangat, bisa juga menggunakan air dingin untuk meredakan nyeri haid lho ladies.

Caranya sama dengan kompres hangat, yaitu dengan menempelkan kompresan dingin pada permukaan tubuh yang dirasa nyeri.

Kebalikan dari kompresan hangat, kompresan dingin akan membantu proses penguncupan pada pembuluh darah. Proses penguncupan pembuluh darah (vasokonstriksi) akan membantu pembengkakan dan trauma pada otot.

Namun, ada yang perlu diperhatikan ketika menggunakan kompres dingin, yaitu penggunaan kompres tidak dianjurkan melebihi 30 menit karena akan berdampak pada jaringan kulit.Dimana, dapat berdampat pada kematian sel pada jaringan kulit.

3. Mandi dengan air hangat

Selain digunakan sebagai kompres, mandi dengan air hangat juga merupakan cara yang dapat anda lakukan untuk relaksasi otot dalam mengurangi nyeri haid.

4. Lakukan pemijatan ringan

Melakukan pemijatan ringan pada daerah bawah perut juga dapat membantu meredakan nyeri haid. Lakukan pemijatan dengan gerakan memutar pada jari secara ringan dan dengan tenaga yang secukupnya.

Untuk aromatherapy dan membantu relaksasi otot gunakan minyak bayi untuk membantu pemijatan ringan.

5. Mengatur posisi senyaman mungkin

Terdengar sederhana, namun faktanya cara ini juga dapat membatu meredakan rasa nyeri lho.

Cari posisi yang paling membuatmu nyaman untuk merilekskan otot-otot. Jika belum berhasil bisa mencoba posisi berbaring dengan mengangkat sedikit kaki, lalu ganjal dengan bantal ataupun benda lainnya.

Posisi lainnya yaitu dengan tidur miring dan lutut yang ditekuk sedikit. Untuk menambah relaksasi bisa mendengarkan musik ringan dan lembut, hal ini dapat menenangkan suasana hati dan diharapkan dapat berpengaruh pada tekanan darah sehingga meredakan rasa nyeri.

6. Minum minuman hangat

Minuman hangat yang disarankan adalah STMJ atau Susu Telur Madu Jahe. Kurangi minuman hangat yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, karena minuman berkafein akan mengakibatkan beberapa efek samping seperti gelisah dan susah tidur.

7. Olahraga ringan

Olahraga ringan seperti jalan kaki atau lari kecil juga dapat membantu mengatasi masalah nyeri haid.

Dengan berolahraga ringan, peredaran darah akan lancar sekaligus dapat meningkatkan metabolisme.

Alternatif lain yang dapat dilakukan yaitu dengan yoga. Dengan yoga, sirkulasi darah akan lebih lancar dan membantu anda dalam relaksasi.

Nah itu dia 7 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid yang bisa diterapkan. Jadi, tidak perlu bergantung terus pada obat bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Written by Miss Trend

Tips Merawat Bibir Tetap Sehat dan Alami

Tips Merawat Bibir Agar Tetap Sehat dan Alami

5 Cara Alami Dan Aman Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan

5 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan, Dijamin Mudah