IBX587AF956D34F7

Yuk Kenali 5 Penyebab Utama Kuku Mudah Patah

Tidak bisa dipungkiri, jika kuku merupakan salah satu faktor penunjang kecantikan bagi wanita.

Memiliki kuku yang cantik, lentik, dan sehat adalah dambaan bagi wanita. Dengan kuku yang terjaga cantik ini, wanita akan semakin pede dengan penampilanya.

Namun memang, tidak semua wanita memiliki kuku yang cantik dan sehat, kebanyakan mereka mengeluhkan kuku mudah sekali patah.

Nah tahukah kamu, jika kuku yang tidak sehat atau mudah sekali patah ini ada penyebabnya lho, jadi bisa kita cegah  dan atasi.

Yuk Kenali 5 Penyebab Utama Kuku Mudah Patah

Maka dari itu, untuk mengatasi kuku yang mudah patah, kita harus mengetahui dulu penyebab utama kuku mudah patah. Jadi apa sajakah penyebab utama kuku mudah patah? Berikut ini ulasanya.

5 Penyebab Kuku Mudah Patah

1. Tubuh Kurang Asupan Zat Besi

Penyebab pertama kuku mudah patah adalah, kurangnya zat besi dalam tubuh. Kadar zat besi dalam tubuh sangatlah mempengaruhi kesehatan kuku.

Zat besi ini berfungsi untuk mengankut darah dan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk pada kuku. Jadi apabila kuku kekurangan nutrisi, hal ini akan membuat mudah rapuh dan patah.

2. Kurang Asupan Vitamin B

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Kosmetik Dermatologi, mengkonsumsi 2,5 mg Vitamin B per hari bisa menjaga kekuatan kukuatan kuku.

Jadi ketika kuku mudah patah bisa salah satu cara mengatasinya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin B.

3. Memotong Kutikula Kuku

Tahukah kamu sahabat trend jika kutikula adalah bagian untuk membatasi kuku dan kulit tangan. Kadang perawatan disalon ada yang menawarkan pengguntikan kutikula kuku untuk membuat kuku tampak rapi. Padahal kutikula ini sangatah penting dalam menjaga kekuatan kuku.

Selain itu kutikula membantu melindungi kuku dari bakteri, infeksi dan tentunya mencegah masuknya air ke kuku. Jadi alangkah baiknya jangan menggunting kutikula untuk tetap menjaga kesehatan kuku.

4. Salah Memiliki Cat Kuku

Memilih Cat Kuku yang sembarang juga menjadi penyebab utama kuku mudah patah dan rapuh. Hal ini karena adanya kandungan zat kimia seperti etanol dan eseton yang banyak digunakan pada produk kencantikan kuku.

Jadi untuk menghindarinya, pilihlah cat kuku yang berbahan dasar alami dan tentunya tidak memberikan dampak buruk untuk kesehatan dan kecantikan kuku.

5. Kurang Menjaga Kuku

Nah yang terakhir adalah kurang menjaga kuku agar tidak patah. Ketika kuku sudah cantik dan menarik, namun kurang berhati-hati dalam menjaga juga sama saja. Misalnya terlalu semangat saat bermain game, atau mengetik, bisa membuat kuku mudah patah.

Advertisements