IBX587AF956D34F7

Mengenal 5 Faktor Penyebab Wajah Kusam Yang Kerap Terjadi

Pernahkah sahabat trend mengalami kondisi dimana wajah anda menjadi kusam? Kondisi tersebut tentu akan membuat anda cemas dan khawatir, karena hal tersebut dapat mempengaruhi penampilan anda.

Tak jarang banyak orang rela menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perawatan mahal agar mendapatkan kulit tampak sehat dan putih berseri.

Pada dasarnya kulit wajah akan melakukan mekanisme regenerasi, sehingga dalam beberapa waktu terlihat kusam untuk nantinya dapat terlihat segar kembali.

Mengenal 5 Faktor Penyebab Wajah Kusam Yang Kerap Terjadi

Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan regenerasi tersebut menjadi lebih lambat. Sehingga anda harus menghindari penyebab-penyebabnya.

Berikut beberapa penyebab wajah kusam yang dapat membuat wajah menjadi tidak sehat :

1. Stress

Penyebab wajah kusam yang pertama yaitu adanya gangguan psikologis, yang dapat mempengaruhi penampilan fisik maupun mental anda. Stres yang anda alami dapat membuat kelenjar pengontrol emosi akan meningkat, sehingga wajah akan dengan mudah berjerawat.

Tak hanya jerawat, stress juga dapat membuat anda mengalami psoriasis yaitu sejenis penyakit yang terjadi, dimana kulit mengalami pergantian kulit sebelum waktunya.

2. Diet Tidak Sehat

Hati-hati jika anda sedang menjalankan program diet, namun diet tersebut tidak dijalankan secara teratur. Bisa saja diet yang anda jalankan tersebut mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan asupan nutrisi yang penting bagi tubuh, yang akan mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

Penyebab wajah kusam yang dikarenakan oleh diet ini juga akan membuat kulit menjadi kehilangan kesegarannya. Bagi mereka yang menjalankan program diet ketat, maka akan membuat nafsu makan menjadi berkurang, sehingga protein dan juga vitamin yang di butuhkan kulit tidak terpenuhi, yang mengakibatkan kulit menjadi mudah terkelupas dan kering.

3. Kurang Waktu Istirahat

Mempunyai waktu tidur yang kurang akan membuat wajah terlihat lesu dan juga tidak bersemangat ketika bangun tidur. Perlu di ketahui, bahwa kulit membutuhkan waktu untuk beristirahat untuk meregenerasikan pembentukan sel kulit.

Sebaiknya anda mempunyai waktu tidur selama 7-8 jam dalam sehari. Jika waktu tidur anda tercukupi maka wajah anda akan nampak lebih sehat dan juga dapat mencegah penuaan diri.

4. Sinar Ultraviolet

Melakukan aktivitas di luar ruangan akan mudah membuat lapisan pigmentasi kulit menjadi cepat berubah. Hal tersebut akan membuat kulit wajah timbul flek hitam yang lama kelamaan akan membuat pertumbuhan sel-sel kanker kulit.

Jika kebanyakan aktifitas di lakukan di luar ruangan sebaiknya menggunakan krim pelembab wajah/tabir surya. Hal tersebut di fungsikan untuk menangkal radikal bebas dari pancaran sinar matahari yang notabene menjadi salah satu penyebab wajah kusam.

5. Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohal dan merokok juga merupakan salah satu penyebab wajah kusam. Minuman beralkohal akan membuat tubuh menjadi kekurangan cairan, sehingga kulit wajah akan nampak kering dan juga akan terlihat cepat keriput.

Tak hanya minuman beralkohol, kebiasaan buruk seperti merokok juga akan membuat hormone estrogen tidak dapat bekerja dengan baik. Ketika anda mengisap rokok, maka akan membuat peredaran darah menjadi terhambat sehingga kulit akan terlihat kotor dan juga kusam.

Itulah beberapa penyebab wajah kusam yang dapat mempengaruhi kulit anda menjadi tidak sehat. Selalu menjaga kesehatan dan juga mengkonsumsi makanan sehat juga harus selalu dilakukan agar kulit akan nampak sehat berseri.

Advertisements