IBX587AF956D34F7

Jerawat Susah Sembuh? Ini Dia 5 Faktor Penyebabnya

Banyak yang masih bingung kenapa sih jerawat susah sembuh? Padahal sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan atau menyembuhkanya.

Tahukah anda jika jerawat itu sebenarnya tidak begitu sulit untuk menghilangkanya.

Namun jika tidak dibarengi dengan menghilangkan kebiasaan buruk yang memicu timbulnya jerawat maka akan sangat sulit untuk benar-benar sembuh dari yang namanya jerawat.

Jerawat Susah Sembuh Ini Dia 5 Faktor Penyebabnya

Nah jika sahabat trend sudah mencoba untuk menyembuhkan jerawat dibarengi dengan menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa memicu jerawat, namun jerawat tidak kunjung hilang mungkin beberapa faktor ini yang menyebabkanya.

1. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok

Mungkin sahabat trend juga sudah mengetahui jika kosmetik yang tidak cocok dengan kondisi dan jenis kulit wajah bisa menyebabkan kerusakan kulit, salah satunya adalah jerawat.

Yang paling banyak ditemui adalah penggunaan bedak atau foundation yang sembarangan. Tidak hanya itu, kosmetik yang mengandung alkohol lebih banyak biasanya lebih mudah memicu timbulnya jerawat.

Jadi untuk solusinya adalah rajinlah membersihkan make up setiap harinya.

2. Faktor Hormon

Tahukah kamu sahabat trend jika faktor hormon ini sangatlah berperan penting dalam pembentukan jerawat baru. Jadi tidaklah heran jika jerawat akan muncul jika menjelang datang bulan atau haid. Hal ini disebabkan karena ketika akan datang bulan atau haid ini membuat hormon menjadi tidak seimbang.

Hormon pada jerawat ini disebut dengan hormon androgen, hormon satu ini akan meninggi ketika pubertas atau mendekati siklus haid dan stress.

Hormon inilah yang menyebabkan remaja pada usia 15-20 tahun mudah berjerawat. Untuk solusinya adalah dengan perawatan rutin dan benar, agar jerawat berkurang ketika masa pubertas atau menjelang haid.

3. Gaya hidup yang tidak benar

Seperti yang sudah disebutkan diatas jika gaya hidup yang tidak sehat juga sangat berperan penting dalam munculnya jerawat.

Orang yang suka minum alkohol, perokok, dan kurang istirahat akan membuat jerawat susah sembuh, hal ini karena kegiatan itu bisa meningkatkan hormon androgen.

Hormon androgen ini bisa meningkatkan produksi minyak pada wajah, jadi ketika gaya hidup sahabat trend tidak sehat maka aktivitas dari hormon androgen ini akan bertambah, dan minyak wajah tadi tersumbat make up yang akan membuat kuit meradang dan memicu munculnya jerawat.

4. Faktor Genetika

Untuk faktor yang keempat ini adalah genetika. Memang faktor gen ini sangat jarang ditemui. Namun kasus ini bisa dibilang paling sulit untuk melakukan pengobatan untuk menghilangkan jerawat pada wajah.

5. Makanan yang dikonsumsi

Nah untuk yang terkahir adalah faktor makanan. Makanan ini tidak bisa dipungkiri lagi, karena penyakit itu kebanyakan berawal dari perut.

Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berlemak dan makanan dengan kadar gula yang tinggi bisa memcu timbulnya jerawat pada wajah dan membuat jerawat susah sembuh.

Advertisements