IBX587AF956D34F7

Inilah 4 Dampak Buruk Stres Bagi Kecantikan Kulit, Jadi Hindarilah

Stres bisa terjadi pada pria maupun wanita. Namun presentase paling banyak dan paling mudah terkena stres adalah kaum wanita.

Wanita di masa sekarang memiliki tantangan yang bisa dibilang besar seperti kuliah, pekerjaan bagi wanita karir dan mengurus rumah tangga.

Nah tahukah kamu sahabat trend jika stres juga bisa mempengaruhi kecantikan kulit juga loh.

Ketika sedang mengalami stres yang kacau tidak hanya pikiran dan kepala saja, tapi tubuh juga akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol atau sering disebut dengan hormon stres. Hormon itulah yang memberikan dampak buruk pada kecantikan kulit.

Tahukah kamu sahabat trend jika stres juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit juga loh. Ketika sedang mengalami stres yang kacau tidak hanya pikiran dan kepala

Dampak buruk pada kecantikan kulit seperti apa yang disebabkan hormon stres atau kortisol tersebut, berikut ini ulasanya.

1. Membuat Kulit Menjadi Kering

Dampak yang pertama dari hormon stres tersebut adalah membuat kulit menjadi kering. Tahukah kamu jika saat stres, hal itu akan menimbulkan lubang kecil pada membran sel.

Hal itulah yang membuat air keluar dari sel kulit, karena kulit kehilangan kemampuan untuk menahan air, akibatnya kelembapan kulit menjadi berkurang dan membuatnya menjadi kering.

2. Mengurangi Elastisitas Kulit

Ketika stres melanda, peredaran darah pada kulitmu akan terganggu. Jadi aliran nutrisi dan oksigen menjadi terlambat pula.

Akibat dari hal itu adalah menurunya elastisitas pada kulit, karena tidak mendapatkan suplai nutrisi dan oksigen yang diperlukan.

3. Memicu Munculnya Jerawat

Nah untuk yang ketiga ini juga paling dibenci setiap orang terutama para wanita, yakni tentang munculnya jerawat.

Tahukah kamu ketika mengalami stres, kelenjar minyak akan semakin aktif, sehingga akan banyak bakteri yang bisa menempel dengan mudah pada wajah yang bisa menghambat pori-pori dan bisa memicu munculnya jerawat.

4. Memicu Gatal-Gatal Sampai Iritasi Pada Kulit

Lapisan kulit terluar atau sering disebut juga dengan epidermis ini akan membentuk pelindung agar bakteri dan kotoran tidak masuk dalam kulit.

Nah ketika stres melanda, lapisan kulit ini menjadi sangat rapuh dan tentunya tidak bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal.

Kinerja yang kurang maksimal itulah yang bisa membuat kotoran gampang masuk dalam kulit. Hal inilah yang bisa memcu gatal-gatal pada kulit sampai iritasi pada kulit.

Advertisements