IBX587AF956D34F7

5 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Rambut Dan Cara Mencegahnya

Kutu rambut merupakan organisme parasite yang hidup di kepala manusia dengan menghisap darah. Apabila baru menetas, telurnya berbentuk seperti biji wijen dengan ukuran yang sangat kecil menempel pada helaian rambut.

Telur kutu akan menetas dalam waktu delapan hingga Sembilan hari. Kutu memiliki masa hidup dari menetas hingga mati selama 40 hari. Jika terdapat kutu di rambut, orang akan merasakan gatal seperti halnya gatal yang disebabkan oleh ketombe.

5 Cara Mudah Menghilangkan Kutu Rambut Dan Cara Mencegahnya

Rasa gatal yang ada pada kepala bukanlah dari akibat gigitan kutu rambut melainkan reaksi alergi kulit terhadap parasite yang hidup di kulit. Namun jika kulit tidak alergi terhadap kutu rambut maka rasa gatal tidak akan dirasakan.

Orang yang rambutnya ada kutu bisa menularkan kutu rambut tersebut pada orang-orang terdekatnya. Gunakanlah sisir serit untuk mendeteksi ada tidaknya keberadaan kutu rambut. Berikut akan kami bagikan bagaimana cara menghilangkan kutu rambut dan mencegahnya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Cara Mencegahnya

1. Almond

Almond adalah bahan alami yang dapat menghilangkan kutu rambut dengan ampuh. Caranya dengan merendam 10 biji almond semalaman. Keesokan harinya, kupas almond dari kulit arinya dan tumbuk sampai halus. Tambahkan air perasan lemon setelah itu oleskan seperti menggunakan hair mask.

2. Alkohol

Kandungan senyawa isopropyl sangat efektif menghilangkan kutu rambut. Tuangkan alkohol dengan kadar 70% dalam sebuah baskom secukupnya. Setelah itu oleskan alkohol tersebut pada kulit kepala secara merata. Diamkan dahulu hingga 30 menit. Setelah itu sisir rambut menggunakan sisir serit lalu bilaslah rambut dengan air dingin untuk menghilangkan alkohol.

3. Jus Lemon

Kandungan asam yang tinggi pada lemon memiliki manfaat untuk membasmi kutu secara alami. Caranya cukup mudah, hanya dengan memeras satu buah lemon, kemudian oleskan pada kulit kepala dengan pijatan ringan hingga 10 menit. Setelah itu diamkan hingga 1 jam, dan bilas rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan cuka. Dijamin setelah melakukan cara ini kutu tidak akan betah lama-lama di rambut dan telurnya akan mati.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya dapat memperindah rambut tetapi juga dapat mengusir kutu rambut di kulit kepala. Bersihkan rambut terlebih dahulu dengan berkeramas. Setelah itu oleskan minyak zaitun sebelum tidur. Pijat-pijat kulit kepala agar kandungan yang ada dalam minyak zaitun dapat terserap dengan baik. Diamkan hingga keesokan harinya. Pada pagi hari kamu bisa keramas seperti biasa dan kutu sudah tidak bisa ditemukan di kepala.

5. Bawang Merah

Kandungan sulfur yang ada pada bawang merah bermanfaat untuk menghilangkan kutu yang membandel. Cara menggunakanya sangat mudah, cobalah untuk memblender 4 hingga 5 butir bawang merah, setelah itu peras dan ambil air hasil blenderan bawang merah tersebut. Oleskan air hasil perasan pada kulit kepala dan pijat selama 10 menit. Setelah itu sisir rambut menggunakan serit dan kutu akan terbawa.

Demikianlah cara yang dapat dilakukan untuk menghalau kutu pada rambut. Keberadaan kutu pada kulit kepala memang mengganggu dan dapat menurunkan rasa percaya diri.

Advertisements