IBX587AF956D34F7

4 Tips Perawatan Setelah Melahirkan Normal

Sosok yang sangat berarti bagi seorang anak adalah Ibu . Dari rahim ibu lah anak dikandung dan dilahirkan. Banyak perjuangan yang harus dilalui oleh seorang ibu selama mengandung, terlebih lagi saat menjalani proses melahirkan.

Khususnya untuk ibu yang menjalani proses melahirkan normal, mereka harus mempertaruhkan kehidupannya demi kehidupan buah hatinya.

Meskipun demikian, tetap banyak ibu yang memilih untuk melakukan proses melahirkan normal. Tidak perduli dengan rasa sakit atau bentuk tubuh yang menjadi tak indah lagi.

Kebanyakan ibu yang melakukan proses melahirkan secara normal akan mengalami perubahan fisik yang menonjol. Untuk mengatasi perubahan fisik tersebut, maka harus melakukan perawatan setelah melahirkan normal.

4 Tips Perawatan Tubuh Wanita Setelah Melahirkan Normal

image : dbagus.com

Perawatan setelah melahirkan normal tidak harus dilakukan menggunakan alat atau bahan yang mahal dan sulit didapat, karena sahabat trend dapat melakukan perawatan setelah melahirkan normal dengan alat serta cara yang mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Berikut beberapa perawatan setelah melahirkan normal yang dapat Sahabat Trend lakukan di rumah :

1. Perawatan tubuh setelah melahirkan

Salah satu perubahan fisik yang paling menonjol setelah seorang wanita melahirkan normal adalah perubahan bentuk tubuh menjadi lebih gemuk.

Untuk mengembalikan bentuk tubuh menjadi langsing kembali, maka anda perlu melakukan perawatan setelah melahirkan normal seperti melakukan olahraga ringan, menjaga pola makan dan lain-lain.

Olahraga ringan yang dapat anda lakukan antara lain, lari pagi dan senam. Sedangkan untuk pola makan dan jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk mengembalikan bentuk tubuh ideal anda adalah sayuran dan buah, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak. Selain itu konsumsi air putih yang cukup juga perlu dilakukan.

2. Perawatan kulit setelah melahirkan

Selain bentuk tubuh yang berubah menjadi gemuk, perubahan kulit menjadi kendur atau tidak kencang juga sering terjadi pada ibu yang telah melakukan proses melahirkan normal.

Untuk mengembalikan keelastisan dan kekencangan kulit, anda dapat melakukan perawatan setelah melahirkan normal dengan menggunakan bahan alami seperti madu. Selain itu, anda juga dapat menggunakan lulur untuk mengencangkan kulit sekaligus meratakan warna kulit. Karena pada ibu hamil sering terdapat stecmark di daerah perut dan pinggul.

3. Perawatan kaki setelah melahirkan

Kaki bengkak saat mengandung dan setelah melahirkan merupakan hal yang wajar. Namun hal seperti ini tentu tidak boleh dibiarkan dalam waktu yang lama, karena dapat merusak penampilan serta kenyamanan.

Untuk perawatan setelah melahirkan normal pada bagian kaki dapat dilakukan dengan cara memijat kaki yang bengkak dengan menggunakan minyak aroma terapi. Sebaiknya pemijatan kaki ini dilakukan setiap hari, yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur.

4. Perawatan rambut setelah melahirkan

Keluhan rambut rontok juga sering dialami oleh para ibu yang telah melakukan proses melahirkan normal. Hal seperti ini sebenarnya wajar, namun anda tetap harus melakukan perawatan setelah melahirkan normal untuk mengatasi kerontokan rambut yang berlebih. Salah satu cara adalah dengan memberi nutrisi rambut dengan vitamin.

Semoga pembahasan tentang perawatan setelah melahirkan normal di atas dapat menjadi referensi anda untuk memiliki tubuh yang cantik kembali.

Advertisements