IBX587AF956D34F7

4 Penjelasan Kenapa Kurang Tidur Bisa Membuatmu Gemuk

Memiliki tubuh yang gemuk memang membuat para wanita kurang pede, bahkan ada sebagian wanita yang menganggap tubuh gemuk adalah momok yang menakutkan.

Salah satu dari penyebab kegemukan adalah kurang tidur. Di era sekarang ini banyak wanita mengeluhkan kurangnya waktu waktu istirahat  atau tidur, hal ini disebabkan selain tuntutan pekerjaan sampai hobi begadang bareng teman-teman.

Menurut hasil pennelitian, seseorang yang tidak memiliki cukup waktu untuk tidur terancam beberapa masalah kesehatan, termasuk resiko kegemukan atau obesitas. Hal ini bukan tanpa alasan, karena ketika tubuh kurang istirahat akan meningkatkan hormon lapar.

4 Penjelasan Kenapa Kurang Tidur Bisa Membuatmu Gemuk

Orang yang kurang tidur akan terjadi penurunan aktivitas otak pada bagian hipotalamus. Bagian ini berfungsi penting untuk membantu pelepasan hormon pengendali lapar, jadi orang yang kurang tidur akan gampang lapar dan tentunya nafsu makan akan semakin meningkat.

Tidak hanya itu, masih ada 4 alasan lagi, kenapa orang kurang tidur bisa membuat gemuk seperti

1. Banyak Kalori Yang Masuk Dalam Tubuh

Seperti yang disebutkan diatas, ketika tubuh mengalami kurang istirahat atau kurang tidur akan membuat nafsu makan meningkat. Orang akan menanggulanginya dengan ngemil, apalagi untuk wanita, yang notabene sangat suka dengan camilan.

Kebanyakan wanita akan kurang memperhatikan apa yang dimakan ketika keinginan ngemil itu datang, bahkan mereka tidak sadar jika camilan itu mengandung banyak kalori. Menurut peneilitian, irang yang kurang itdur akan memiliki 300 kalori lebih banyak dibanding yang cukup tidur.

2. Mengalami Penumpukan Lemak

Ketika sahabat trend kurang waktu tidur, hal ini akan membuat tubuh lemas, selain itu juga akan membuat malas bergerak. Ketika itu jumlah kalori sudah menumpuk banyak dalam tubuh, dan akhirnya terjadi penumpkan lemak yang berujung kegemukan atau obesitas.

3. Lebih Suka Makanan Yang Berkalori Tinggi

Ketika tubuh kurang istirahat atau kurang tidur akan cenderung lebih menyukai makanan yang berkalori tinggi atau berlemak tinggi, hal ini karena tubuh merasa sangat lapar. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor pemicu kegemukan.

4. Melambatkan Metabolisme

Nah untuk yang terakhir dan perlu diwaspadai adalah efek jangka panjang. Ketika kurang tidur, tubuhmu akan mengalami perlambatan metabolisme. Hal ini akan memicu penuaan dini dan tentunya mengalami gangguan kesehatan yang serius.

Advertisements