IBX587AF956D34F7

15 Kebiasaan Sebelum Tidur Yang Baik Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Banyak hal yang kita lakukan dalam waktu sehari. Hal inilah yang menuntut kita untuk dapat beristirahat sejenak. Salah satu bentuk istirahat yang harus dan wajib dilakukan adalah tidur. Kamu pun juga pasti tahu jika setiap manusia pasti butuh tidur.

Tidur memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah untuk meningkatkan stamina dan kekuatan kita kembali. Bukan hanya itu, hanya dengan tidur, seluruh organ tubuh manusia akan berkesempatan untuk meregenerasi sel- sel kulit maupun berbagai unsur lain dalam tubuh.

Dengan banyaknya aktifitas yang dilakukan, sebagian besar pasti menginginkan kualitas tidur yang baik, karena dengan kualitas tidur yang baik inilah berbagai hal akan terdorong untuk berkembang lebih baik, seperti kefokusan dalam berfikir, stamina tubuh, kecerahan dalam penglihatan, serta berbagai hal positif lain dari tidur.

Terdapat berbagai hal yang dapat mempengaruhi baik buruknya kualitas tidur seseorang. Hal tersebut dapat berasal dari berbagai faktor. Dan berikut adalah beberapa kebiasaan baik sebelum tidur yang mampu meningkatkan kualitas tidur anda, antara lain adalah

1. Membersihkan make up

membersihkan make up

image : http://perfectogift.com/

Sebagai wanita karier terutama, membersihkan make up sangat penting. Mengapa demikian?

Membersihkan make up sama dengan membersihkan berbagai polusi, debu dan berbagai elemen lain yang kita dapat akibat paparan udara luar ruangan.

Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah apabila anda lalai untuk tidak mmembersihkanya. Akibat yang paling terlihat adalah timbulnya jerawat.

Selain itu, tidak membersihkan make up juga akan menyebabkan kulit wajah menjadi kusam, pori- pori wajah membesar, menumpuknya minyak di wajah, bahkan hal ini dapat menyebabkan iritasi ada kulit wajah anda.

2. Menggunakan toner (Memaksimalkan pengeluaran kotoran serta menyegarkan kulit wajah)

menggunakan toner

image : cantik.com

Menggunakan toner menjadi salah satu rekomendasi kebiasaan baik sebelum tidur karena toner dapat membantu memaksimalkan proses pembersihan pada kulit wajah.

Selain itu, toner juga mampu menyegarkan kembali kulit wajah, sehingga kulit wajah dapat semakin bersih, dan proses regenerasi tidak akan terhambat.

3. Menggunakan Cream kulit

image : jackodiario.blogspot.com

image : jackodiario.blogspot.com

Cream kulit memberikan nutrisi tambahan hal ini sangat baik apabila dilakukan pada malam hari. Hal ini karena sistem regenerasi kulit saat malam hari cenderung lebih cepat apabila dibandingkan dengan pagi atau pun siang hari. Sehingga memberikan cream kulit pada malam hari akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit terutama.

4. Menggunakan Cream mata

image : beritasatu.com

image : beritasatu.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa proses pemberian cream pada malam hari sangat baik, hal ini juga berlaku bagi bagian mata.

Selain pemberian cream, anda juga sebaiknya memberikan pijatan- pijatan pada area bagian mata sehingga mampu memberikan rangsangan otot- otot mata agar tidak berkerut atau juga dapat menghilangkan kantung mata.

5. Menggunakan ikatan rambut

mengikat rambut

image : teruskan.com

Menggunakan ikat rambut dapat membantu kulit wajah agar terhindar dari kotoran atau minyak yang diakibatkan dari rambut. Hal ini dapat menyebabkan jerawat atau flek- flek hitam di wajah.

Namun yang harus diperhatikan lagi adalah dari penataan ikatan rambut sehingga rambut tidak akan kusur di pagi hari. Selain itu, kuat renggangnya ikatan rambut juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam tidur.

6. Melepaskan jam tangan atau aksesoris lainnya

Melepaskan jam tangan sebelum tidur

Dengan melepaskan jam tangan atau berbagai aksesoris lain akan membuat kita terhindar dari kuman atau berbagai zat renik akibat polusi udara luar.

7. Menyikat gigi serta mencuci tangan dan kaki

menyikat gigi sebelum tidur

Kebiasaan sebelum tidur yang baik untuk kecantikan dan kesehatan – Salah satu kebiasaan baik adalah menyikat gigi sebelum tidur. Seperti yang pernah dijelaskan oleh beberapa dokter ahli, bahwa mulut adalah sumber dari segala penyakit yang ada dalam tubuh ini sehingga kita harus memperlakukan sebaik mungkin jika ingin terhindar dari berbagai penyakit tersebut.

Selain itu, mencuci tangan dan kaki juga penting kita lakukan untuk menghindari berbagai penyakit dari kuman akibat berbagai kontak kita terhadap dunia luar.

8. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat

menggunakan pakaian tidur

image : http://health-tidings.com/

Dengan menggunakan pakaian ketat lainnya dapat menghambat proses ekskresi yang dilakukan oleh tubuh pada saat malam hari.

9. Membersihkan debu

membersihkan debu

Debu merupakan salah satu bentuk zat renik yang dapat mengganggu proses pernapasan karena debu merupakan salah satu bentuk kotoran yang akan tersaring oleh lubang- lubang hidung yang nantinya akan menumpuk dan mengganggu kerja dari sistem pernapasan.

10. Minum air putih secukupnya

minum air putih secukupnya

image : www.klikbengkulu.com

Dengan meminum air putih tubuh kita akan terhindar dari masalah dehidrasi sehingga sistem kerja tubuh kita akan maksimal saat kita tidur.

11. Rilekskan tubuh dan pikiran

Rilek sebelum tidur

image : http://sharingdisini.com/

Sebelum tidur sebaiknya anda dapat merilekskan pikiran anda agar nantinya kualitas tidur anda akan jauh lebih baik.

12. Aktifkan alarm

mengaktifkan alarm

image : http://www.zonabugar.com/

Alarm akan membatasi jam tidur anda sehingga waktu tidur anda tidak berlebihan. Karena menurut beberapa orang, jika kita tidur dalam waktu yang lama maka tubuh kita akan terasa lemas dan juga akan lebih sering mengantuk.

13. Jauhkan gadget

Menjauhkan gadget sebelum tidur

image : http://www.cuteabis.com/

Seperti yang kita tahu, gadget menghasilkan suatu radiasi yang sangat berbahaya jika tubuh kita terpapar secara terus menerus.

Bagian tubuh harus dihindarkan dari paparan gadget adalah kepala. Jika kepala anda terpapar secara terus menerus, maka akan terjadi pelemahan pola pikir, berkurangnya kecepatan respons dan ha penting lainnya.

14. Hindari makan dan minum berat

menghindari makan berat

image : http://www.rahasialangsingalami.com/

Dengan makan atau minum berat sebelum tidur akan sangat mengganggu proses pencernaan dalam tubuh. Oleh karena itu akan jauh lebih baik jika anda menghindari makan atau minum berat sebelum tidur.

15. Memadamkan lampu kamar

mematikan lampu kamar

image : pemudaindonesiabaru.blogspot.com

Mungkin sebagian besar orang takut akan gelap sehingga lebih memilih menyalakan lampu saat tidur. Hal ini tidak berbahaya, namun akan jauh lebih baik jika anda memadamkan lampunya.

Mengapa demikian? Karena dalam tubuh kita terdapat beberapa hormon atau sel yang akan bekerja lebih maksimal apabila dalam keadaan gelap.

Nah itulah beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan sebelum tidur dan sangat baik untuk kecantikan dan juga kesehatan anda. Sehat dimulai dari hal- hal kecil dari diri anda.

Advertisements